Hmmmm… Hari ini adalah hari terakhir bulan Ramadhan 1436 H, kalau tidak ada perubahan dari pemerintah tentang penetapan 1 syawal 2436 H. hari yang pastinya sangat penting bagi setiap umat muslim yang menjalankan amal ibadah di bulan puasa ini dan bagi yang sangat paham, mereka akan sangat berupaya untuk memanfaatkan waktu yang sedikit ini untuk terus meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.

Target utama bagi seorang muslim dalam beribadah adalah bagaimana mencapai derajat taqwa yang memang sudah dijanjikan oleh Allah SWT bagi umat-Nya yang terus berupaya menjalankan berbagai ibadah kepada Allah selama bulan ramadhan ini. Ketika mereka mampu mencapai derajat taqwa, inilah yang akan menjadi sebuah capaian yang sangat mulia bagi setiap muslim. Sedangkan bagi yang tidak mencapainya, tentu tidak akan untung.



Tentu hal ini memiliki nilai yang luar biasa bagi setiap entrepreneur muda dalam berbisnis. Ada satu dimensi yang perlu dipahami dengan baik yaitu bagaimana setiap entrepreneur harus bisa memanfaatkan momentum, khususnya yang berhubungan dengan waktu yang sudah menjadi sumber daya yang harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

Waktu adalah asset yang tidak bisa disamakan dengan asset lainnya seperti uang, orang dan lain-lain. Waktu itu tidak bisa dibeli dan ketika sudah lewat, tidak bisa diputar kembali. Inilah yang menjadikan waktu sangat berharta bagi setiap entrepreneur. Sebagai sebuah contoh, hari terakhir ramadhan ini menjadi sebuah bentuk bagaimana waktu itu sangat berharga bagi setiap entrepreneur yang muslim karena hari terakhir ini menunjukkan bagaimana kesempatan itu sangat terbatas.

Sekarang, ketika mindset sudah dirubah dengan menyadari bagaimana waktu itu sangat pendek, dimana ada awal dan ada akhir, waktunya seorang entrepreneur harus mampu memanfaatkan waktu yang tersisa dengan optimal. Waktu yang pastinya harus bisa memberikan manfaat yang optimal bagi pencapaian tujuan bisnis itu sendiri. Sama dengan puasa yang memiliki tujuan yang jelas yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembangn dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Sekarang, marilah kita membuat sebuah strategi yang efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumber daya yang sangat terbatas, berupa waktu. Waktu itu sangat berharga, jangan main-main Karena dia datang dan pergi begitu cepatnya. Pilihan strategi yang bisa digunakan nantinya adalah bagaimana entrepreneur bisa menggunakan time management dalam setiap aktivitas bisnisnya, dimana ada kegiatan yang penting dan mendesak, itulah yang harus diprioritaskan, penting tidak mendesak atau tidak penting meskipun mendesak yang bisa ditunda, lalu tidak penting dan tidak mendesak  yang bisa ditinggalkan.


Analisis seorang entrepreneur menjadi penting untuk keempat keadaan agar bisa memanfaatkan waktu tersisa dengan optimal dan berkontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan… mari manfaatkan waktu tersisa dengan sebaik mungkin dan bagi yang menjalankan puasa di hari terakhir ini, selamat, Insya Allah anda akan menjadi juara… bagaimana dengan anda????? hmmmmmm

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: