Sebagai seorang entrepreneur, selalu saya tekankan untuk selalu bisa membuat keputusan yang bisa memperhitungkan value atau nilah sehingga keputusan itu bersifat logis. … nah lho…. Kenapa harus seperti itu? Kalau dilihat, keputusan setiap entrepreneur memang harus dalam keadaan logis.

Coba kita lihat bagaimana keputusan entrepreneur yang harus memperhatikan konsep TP = TR – TC yaitu total profit yang dihasilkan oleh total reveneue yang dikurangi dengan total cost sehingga untuk meningkatkan total profit, maka entrepreneur harus bisa meningkatkan total revenue sembari menjaga total cost.




Lalu, apa hubungannya dengan keputusan setiap entrepreneur? Inilah kunci yang selalu saya sebutkan bagaimana entrepreneur itu memiliki tugas utama membuat keputusan yang mampu memberikan value yang optimal bagi bisnis mereka.

Keputusan yang dibuat oleh setiap entrepreneur haruslah dibuat dalam keadaan logis. Artinya adalah tidak boleh membuat keputusan dalam keadaan tidak logis apalagi dalam keadaan emosi. Jelas ini akan merugikan setiap entrepreneur yang dilihat dari kualitas keputusan yang dibuatnya setiap saat.

Keputusan yang dibuat dalam keadaan emosii diartikan sebagai keputusan yang dibuat emosial. Ada beberapa kondisi emosi yang dilarang untuk membuat keputusan bisnis yaitu pertama, dalam keadaan apatis. Jangan pernah membuat keputusan dalam keadaan apatis atau cuek.

Ketika orang berada dalam keadaan apatis, mereka tidak akan memperhitungkan dampak keputusan yang mereka buat. Sementara, ini bisnis lho….. bisnis itu akan terkena dampak dari setiap keputusan yang dapat dilihat konsep TP = TR – TC.


Orang yang berada dalam keadaan apatis seringkali tidak melihat keputusan itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi bisnisnya. So, janganlah membuat keputusan dalam keadaan apatis karena akan berdampak kepada bisnis mereka saat ini dan yang akan datang. Padahal, bisnis itu penuh perhitungan dan kalkulasi ini lah bentuk keputusan yang logis bagi setiap entrepreneur…

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: