Konsep leadership benar-benar menjadi pekerjaan rumah yang harus dipahami dengan sebaik mungkin oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa leadership ini gampang-gampang sukses untuk menjadi seorang leader bila entrepreneur ingin menggapai kesuksesan.

Akan tetapi, entrepreneur juga tidak boleh hanya fokus kepada konsep leadership yang harus mereka kuasai. Kesuksesan dalam leadership dalam bisnis sangat tergantung pada followership atau siapapun yang menjadi pengikut dari seorang leader itu sendiri. Followership yang sejatinya adalah orang-orang yang menjadi pengikut dan berupa karyawan ataupun staff dalam perusahaan.


Lalu, apa yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam mengembangkan leadership mereka melalui followership yang ada dibelakang seorang leader? Kenapa harus penting untuk meningkatkan dan mengembangkan followership?

Seorang entrepreneur kudu meningkatkan knowledge, skill dan attitude yang ada dalam diri setiap follower. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan mereka tentang hakekat bisnis dan manajemen, tantangan bisnis kedepan, hakekat seorang leader, hakekat seorang follower yang memang harus dijalankan.

Selanjutnya, setiap follower juga harus ditingkatkan keterampilan mereka dalam hal pekerjaan dan manajemen, leadership, proses pembuatan keputusan, komunikasi, team work, motivasi dan networking diantara mereka dengan para leaders. Inilah yang penting dilakukan oleh setiap leader dalam meningkatkan skill, khususnya soft skill.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana setiap entrepreneur perlu meningkatkan sikap atau attitude setiap follower dengan menetapkan nilai-nilai yang ada di perusahaan serta contoh langsung dari setiap leader dalam aktivitas mereka sehari-hari. Inilah yang menjadi tugas utama setiap leader dalam meningkatkan followership dari setiap orang dalam perusahaan.


Tulisan ada di www.belbizonradio.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: