Menjadi seorang leader itu sudah jelas dituntut untuk memiliki skills atau keterampilan yang bisa membuat leadership setiap entrepreneur berkembang dan memberikan value bagi bisnis mereka untuk saat ini dan yang akan datang. Apalagi diperlukan untuk membuat bisnis tumbuh dan berkembang dalam dimensi waktu 10 tahun yang akan datang.

Banyak contoh entrepreneur sukses yang memiliki keterampilan pendukung sehingga mereka bisa membawa bisnis mereka besar dan semakin besar. Lihat saja Bob Sadino (alm), Chaerul Tanjung, Sandiaga Uno dan lain-lain. Leadership itu menjadi faktor sukses seorang entrepreneur untuk mencapai kesuksesan.



Lalu, apa saja skill yang diperlukan untuk menjadi seorang leaders yang sukses? Pertama adalah skill dalam memahami diri sendiri yang berhubungan dengan kekuatan dan kelemahan diri. Hal ini relevan dengan dengan personal power yang sejatinya dimiliki oleh setiap entrepreneur dengan leadership tersebut. Ini akan sangat menentukan keberhasilan leadership yang memiliki esensi tentang “pengaruh” yang menjadi substansi leadership itu sendiri.

Skill kedua adalah managerial skill karena entrepreneur perlu melakukan fungsi planning, organizing, actuating dan controlling.

Skill ketiga adalah bagaimana setiap entrepreneur harus mengembangkan kemampuan membuat sebuah keputusan. Konsep dasarnya adalah decision making and problem solving dimana setiap keputusan yang dibuat oleh entrepreneur dalam memimpin harus bisa memberikan solusi bagi masalah yang terjadi.

Skill yang keempat adalah berhubungan dengan komunikasi yang harus diimiliki entrepreneur. Keterampilan komunikasi ini menyangkut bagaimana entrepreneur harus bisa menyampaikan pesan kepada audiens. Memang menjadi sebuah hal mendasar untuk sukses ketika entrepreneur mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien.

Skill kelima adalah bagaimana entrepreneur harus mampu membangun tim yang kuat. Together everyone achieve more. Ini penting untuk setiap leader. Skill keenam adalah bagaimana entrepreneur bisa mendelegasikan tugas kepada bawahannya. Delegating skill itu menjadi faktor penentu untuk entrepreneur karena bisa membagi pekerjaan kepada anggota tim.


Skill keenam adalah bagaimana entrepreneur harus bisa menjadi seorang coach dan mentor serta counselor dan motivator bagi anggota tim….

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: