Rasanya, kalimat singkat dalam judul diatas mampu menggambarkan bagaimana tantangan setiap entrepeneru dalam menjalankan bisnis dan menumbuhkembangkan bisnis untuk mencapai tujuan. Kenapa demikian? Kemaren siang, saya bertemu dengan teman yang memilliki bisnis dan sudah membangun beberapa anak perusahaan.

Membangun bisnis itu relative gampang dilakukan oleh setiap entrepreneur karena memang pada dasarnya, diawal bisnis, dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari setiap entrepreneur dan inilah hakekat seorang entrepreneur dalam membangun bisnis. Karakteristik mereka ditandai oleh kreativitas dan inovasi


Akan tetapi, teman tersebut mulai menghadapi masalah dan paling utama adalah bagaimana dia dituntut untuk selalu fokus pada setiap bagian dari perusahaan. Ketika perusahaan masih kecil, dia bisa melakukannya sendiri dan itu tidak masalah. Karena dia mampu mengendalikan secara langsung setiap kegiatan bisnis nya, mulai dari marketing, keuangan, operasi dan sumber daya manusia.

Hal ini terasa berat ketika sudah memiliki enam anak perusahaan dan semuanya menjadi penting. Skala bisnis semakin besar dan tuntutan terhadap dia juga semakin tinggi. Sementara, diri sendiri memiliki keterbatasan dan khususnya untuk dia, harus berfikir strategis untuk bisa membuat bisnis tumbuh dan berkembang.

Disinilah peran manajemen yang selama ini saya sampaikan kepada para entrepreneur untuk terus dikembangkan. Mungkin sudah menjadi sesuatu yang biasa ketika mendengar konsep manajemen, akan tetapi, hakekat manajemen itu bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain yang merupakan salah satu resources di perusahaan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Hal ini harus menjadi dasar untuk setiap entrepreneur ketika mereka sudah mulai menumbuhkembangkan bisnis yang menuntut adanya fokus pada membuat perencanaan, pengorganisasian, menjalankan program serta evaluasi.

Hal ini berlaku pada manajemen stratejik, manajemen operasi, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya manusia. Selain itu, entrepreneur harus memiliki soft skill yang menjadi faktor penentu dalam menjalankan peran seorang manajer yaitu interpersonal skill, communication skill dan decision making.

SO, sudah waktunya entrepreneur berusaha untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar dalam konteks manajemen dan memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis mereka masing-masing.


Tulisan ada di www.belbizonradio.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: