Tadi malam, program Nubiz, yang muda yang berbisnis memulai program perdana setelah bulan Ramadhan 1436 H. program yang tayang setiap hari kamis pukul 20.00 – 21.00 WIB di Bandung TV dan dilaksanakan di studio Bandung TV. Kegiatan ini tetap berjalan akan tetapi , berupa re-run atas program-program yang sudah ditayangkan karena selama bulan Ramadhan kemaren fokus menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Bahasan yang diangkat tadi malam adalah bagaimana memanfaatkan modal sosial dalam mengembangkan bisnis setiap entrepreneur. “Modal sosial ini sangat penting bagi setiap entrepreneur karena memanfaatkan momentum bulan syawal 1436 H ini” kata Meriza yang membawakan materi  sembari mereview kegiatan-kegiatan Nubiz yang sudah berhasil mengundang stakeholders dalam konteks ABCG yaitu academician, business and banking, community dan Government.

“Pemerintah adalah sumber daya utama bagi setiap entrepreneur” kata Meriza. Pemerintah berperan sebagai regulator dan mereka memiliki program yang bisa dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur. Program Nubiz sudah mengundang Ahmad Heryawan, GUbernur Jawa Barat, Anton Gustoni, kepala dinas KUMKM Jabar, Bapak Ferry, Kepada Dinas Indag Jabar.

“Businesmen dan Banking juga berperan strategis kepada entrepreneur” kata Meriza. Businessmen memiliki knowledge, skill dan attitude serta pengalaman yang dimiliki oleh pebisnis sukses menjadi penting. Perlu mendapatkan pelajaran dan Nubiz sudah berhasil mendatangkan banyak pebisnis ataupun manajerial dalam perusahaan besar. Ada Mas Wiwied, owner C59, Bu Ina, owner Ina Cookies, lalu professional dari PT Telkom, PT Len Indusri, Shafco, Rabbani yang sudah berbagi pengalaman kepada entrepreneur.

“Modal sosial lainnya adalah akademisi yang memiliki pengetahuan dan konsep-konsep serta teori-teori yang utama dan relevan dengan entrepreneur” katanya. Perlu rasanya setiap entrepreneur “bersahabat” dengan para dosen, pihak kampus, guru-guru yang ada di SMK atau SMA sehingga entrepreneur mendapatkan konsep dan teori yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam perusahaan. Nubiz sudah berhasil mendatangkan teman-teman akademisi dari ITENAS, Universitas Sangga Buana, Universitas Widyatama dalam acara Nubiz.

“Modal yang terakhir adalah komunitas, yaitu orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama” kata Meriza karena mereka memberikan value dalam bentuk informasi. Nubiz sudah berhasil mendatangkan HIPMI Jabar, HIPA, TDA, JCI dalam program Nubiz.


Inilah yang dibahas dalam program Nubiz dan banyak sekali respon yang diberikan dalam acara Nubiz tadi malam.

Tulisana ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: