100.001 TANYA JAWAB BISNIS DAN MANAJEMEN BAGI ENTREPRENEUR

PERTANYAAN 10
Bagaiamana relevansi passion bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis karena seringkali orang menyatakan bahwa bisnis itu harus sesuai dengan passion sehingga pencapaian kesuksesan akan jauh lebih cepat.


TIM SMC MENJAWAB

Kami jadi teringat dengan konsep yang saya dalami dalam disertasi tentang entrepreneurial mindset atau mindset kewirauahaan yang memang menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan seseorang dalam mejalankan bisnis dalam konteks mereka sebagai seorang entrepreneur selain organizational capability dan social capital. Mindset kewirausahaan memiliki salah satu indikatoryaitu passion yaitu rasa ssenang atau gairah seseorang untuk menjalankan sebuah bisnis yang mereka pilih.

Passion itu merupakan hal yang memang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur untuk bisa melakukan PERCEPATAN bisnis nya. dalam hal ini, passion itu jadi akar untuk melihat peluang, menganalisis peluang, membuat keputusan tentang peluang, menjalankan bisnis berdasarkan peluang dan yang tidak kalah penting, menghadapi berbagai permasalahan bisnis yang pastinya akan menjadi sebuah "bumbunya" bisnis.

Temuan saya, banyak sekali anak muda fail dalam bisnis dalam dimensi waktu kurang dari satu tahun karena tidak kuat menghadapi tantangan bisnis, baik dari lingkungan internal (Finance, Marketing, Operation dan HR) ataupun dari lingkungan eksternal...(Konsumen, pesaing, distributor, supplier ataupun politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi).

Passion itu akan kerasa sekali pada saat seorang entrepeneur akan membuat keputusan bisnis karena pada hakekatnya, tugas yang paling berat itu adalah membuat keputusan bisnis dan menyelesaikan masalah. ketika mereka tidak memiliki passion terhadap bisnis, maka akan merasakan setiap masalah itu adalah beban dan susah untuk diselesaikan.


Bertolak belakang dengan entrepeneur yang memiliki passion dimana mereka akan "menikmati" setiap proses dan masalah dalam bisnis sehingga memang benar, terjadi percepatan kesuksesan dalam bisnis. so, mari kenali passion dan kembangkan passion kita dalam menjalankan bisnis dengan mengenali diri dan belajar lebih dalam tentang bisnis itu sendiri.... sukses untuk kita semua

Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: