Jadi… sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sebagai seorang entrepreneur, faktor leadership adalah yang paling penting untuk menggapai kesuksesan” demikianlah kesimpulan dari pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan dari berbagai jurnal dan artikel serta pengalaman entrepreneur sukses.

Bicara tentang leadership, tentu harus bisa menjawab pertanyaan, kudu mulai dari mana? Hmmmm… pertanyaan yang sangat sederhana akan tetapi, harus dijawab secara bijak dan menjawab setiap keraguan yang ada sehingga benar-benar setiap entrepreneur menampilkan leadership mereka dalam bisnis.



Menurut saya, dasar yang bisa dipakai oleh setiap entrepreneur adalah leadership itu berasal dari personal power yang ada dalam diri mereka masing-masing. Mungkin bagi sebagian orang, mereka tidak mengenal personal powernya sehingga bingung lagi mau mulai dari mana itu personal power.

Hal ini harus dilihat dari kekuatan dan kelemahan setiap entrepreneur. Kedua aspek ini bisa digali dari pengenalan diri yang mendalam dengan bertanya kepada diri sendiri dan juga melihat secara objektif tentang diri secara apa adanya.

Lalu, apa saja yang perlu dilihat dari diri tersebut? Lihatlah dulu kekuatan diri. Kekuatan ini bisa didalami dari pengetahuan, keterampilan, pengalaman serta harta yang dimiliki. Akan tetapi, saya lebih menekankan kepada aspek pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman dari setiap entrepreneur.

Kalau boleh dibilang, ketiga aspek tersebut menjadi penting dalam menjalankan bisnis. Ini akan membuat setiap entrepreneur lebih baik daripada orang lain. Buat lah data tentang pengetahuan bisnis dan manajemen yang dimiliki.

Lalu, lihat lagi pada aspek keterampilan dari stratejik,keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta IT yang dihubungkan nantinya dengan pengalaman setiap individu. Inilah yang perlu dilihat secara mendalam oleh setiap entrepreneur dalam mengembangkan leadership mereka sebagai seorang entrepreneur…


Tulisan ada di www.belbizonradio.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: