Sebagai seorang entrepreneur, seringkali mereka dihadapkan kepada kondisi dilematis dimana banyak pilihan yang harus diambil dengan memperhatikan kondisi dimana kalau sebuah keputusan diambil, akan berdampak positif dan negative. Ini memang sebuah hal yang biasa yang dihadapi oleh entrepreneur dalam berbisnis karena sejatinya lingkungan bisnis membuat entrepreneur harus mampu menganalisis secara mendalam.

Take it or leave it…. Merupakan ungkapan yang penting bagi setiap entrepreneur ketika mereka menghadapi dilematis tersebut. Pilihannya adalah apakah entrepreneur akan mengambil atau meningggalkan apa yang harus diputuskan. Namun demikian, seringkali tantangannya adalah pasti berhubungan dengan mental setiap entrepreneur.


Sikap mental setiap entrepreneur dalam membuat keputusan ini perlu terus ditingkatkan agar tidak ada keputusan yang plin-plan yang akan mengakibatkan pada bisnis yang tidak mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Karena pada hakekatnya, keputusan itu ditentukan sikap mental setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, perlu dipahami oleh setiap entrepeneu beberapa hal yaitu pertama, tujuan membuat keputusan. Jelas keputusan setiap entrepreneur berhubungan dengan TP = TR – TC, manfaat bisnis untuk orang lain, menjaga kelestarian alam, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang. Hal ini menjadi dasar setiap keputusan.

Kedua, entrepreneur harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang konteks bisnis mereka. Hal ini penting untuk bisa menempatkan setiap keputusan pada tempatnya karena nanti akan berhubungan dengan implementasi dari keputusan tersebut.

Ketiga, berhubungan dengan pengetahuan entrepreneur tentang bagaimana membuat keputusan karena erat kaitannya dengan yang keempat  yaitu bagaimana keterampilan entrepreneur dalam membuat keputusan. Tentu kedua hal ini penting untuk terus dipelajari dan dilatih terus menerut.

Keempat, menjalankan keputusan dan mengevaluasi keputusan yang sudah diambil. Ini yang paling berat karena berhubungan dengan bagaimana setiap keputusan yang sudah diambil itu dijalankan dalam bentuk program budget dan SOP.


Inilah yang menjadi penting bagi setiap entrepreneur dan akan mampu meningkatkan mental mereka dalam membuat setiap keputusan.  

Tulisan ada www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: