Inilah yang paling berat untuk setiap entrepenuer, ketika ditanya bagaimana meningkatkan leadership skills dan managerial skill sebagai seorang entrepreneur. Berbagai teori yang disampaikan oleh para ahli sehingga didapatkan gambaran bagaimana menjadi seorang leader yang efektif dan sukses menggerakkan orang lain.

Kenapa demikian? Tentu konsep hakekat leadership adalah kemampuan mempengaruhi orang lain agar bisa melakukan apa yang diinginkan. Tentu yang diinginkan itu haruslah berbasis kepada tujuan yang hendak dicapai oleh entrepreneur yaitu konteks bisnis yang memang menjadi target yang harus dicapai.


Lalu, apa yang menjadi substansi dari leadership itu agar bisa efektif? Kemaren, saya memiliki pengalaman yang luar biasa tentang hakekat sebuah janji kepada anak. Sebagai seorang ayah,tentu anak-anak memiliki harapan yang luar biasa khhususnya pada saat mereka sedang liburan untuk mendapatkan sesuatu yang luar biasa dan memorable.

Pada awalnya, mereka sudah “mencapai prestasi yang luar biasa karena bisa menamatkan puasa penuh di bulan Ramadhan 1436 H, padahal masih kecil (balita), selain itu, hafal ayat-ayat pendek, nilai akademik yang bagus serta perilaku yang bagus. Senin sudah masuk kerja dan anak-anak minta nonton di bioskop. Saya sudah janji untuk mengajak anak-anak nonton di bioskop untuk menonton film Ant-Man.

Akan tetapi, pada hari kamis, saya berhalangan karena memang ada jadwal mengisi acara di Bandung TV. Jadinya anak-anak kecewa dan merasakan bahwa ayahnya pembohong. Sebagai ayah, saya tidak mau kehilangan leadership dimata anak-anak, apalagi mereka masih kecil dan ingin melihat apa yang dilakukan ayah mereka.

Alhamdulillah, kemaren, jumat saya bisa mengajak anak-anak ke bioskop untuk menonton film yang saya janjikan. Luar biasa, mereka bisa kembali percaya kepada ayahnya dan terlihat lagi bagaimana leadership dimata anak-anak.


Disinilah pelajaran yang luar biasa bagi setiap entrepreneur untuk fokus MENEPATI JANJI karena followers akan melihat seorang leadernya benar-benar bisa dipegang atau tidak setiap kata-katanya. Hmm…..

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: