Itulah yang menjadi pelajaran pertama bagi setiap entrepreneur kalau ingin sukses dalam berbisnis. Mendesain pemikiran mereka untuk berbisnis. Lho… kok berat gitu ya kang Meriza? Tanya salah satu siswa GIMB yang mengikuti program ini dengan mengawali belajar untuk menjadi entrepreneur sukses.

Desain pemikiran… mungkin bagi sebagian orang, hal ini tidak terlalu penting karena yang penting adalah bagaimana langsung bisa menjadi entrepreneur dengan cepat dan menggapai kesuksesan untuk bisnis itu sendiri. Tidak perlu banyak pemikiran sehingga jelas setiap orang harus bisa sukses.


Akan tetapi, sejak saya terlibat dalam proyek pengembangan entrepeneurship kepada wirausaha, terlihat bagaimana tantangan yang terberat bagi setiap entrepreneur adalah diri sendiri yaitu bagaimana mereka harus bisa menaklukkan diri untuk bisa menjadi entrepreneur sukses dalam bisnis.

Semuanya itu berawal dari desain pemikiran mereka untuk bisa mencapai sukses dengan bertanya kepada diri sendiri, hakekat entrepeneurship itu apa, siapa itu entrepreneur, karakteristik seorang entrepreneur, kompetensi seorang entrepreneur, hakekat bisnis dan juga manajemen yang dibutuhkan oleh entrepreneur dalam berbisnis.

Akan tetapi, yang lebih mendasar adalah bagaimana mereka bisa menjawa apasih yang menjadi hakekat mereka menjadi seorang enterpeneur. Hal ini harus dijawab secara objektif sehingga mampu memberikan value bagi diri sendiri dengan memiliki mindset yang tepat dalam berbisnis.

GIMB Entrepeneur school sangat concern dengan desain pemikiran ini agar setiap entrepreneur mampu melakukan analisis diri dan juga lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal dalam setiap keputusan bisnis mereka.  Pembelajaran ini harus dilakukan di awal dan tidak ditengah, apalagi di akhir karena akan berhubungan dengan kualitas desain pemikiran itu sendiri dan manfaatnya bagi setiap pelaku bisnis.


So, ketika entrepreneur ingin mencapai kesuksesan, saatnya entrepreneur dituntut untuk mendesain kerangka berfikir mereka untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. 

Tulisan ada di www.gimbers.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: