Inilah sebuah konsep dasar yang harus dimiliki oleh para entrepreneur ketika mereka akan menjalankan bisnis yang saat ini penuh dengan persaingan. Kondisi ini disadari atau tidak, akan berdampak kepada bisnis mereka sendiri. Seringkali orang terjebakdengan apa yang disebut dengan product oriented dimana lebih peduli kepada produknya sendiri dan kurang  memperhatikan pasar.

Pasar itu adalah pusat dimana terdirid dari orang-orang yang memiliki need, want dan demand terhadap produk itu sendiri. Pasar itu sangat dinamis dan mereka harus dilayani dengan baik agar tidak berpindah ke orang lain. Disinilah makna layanan yang harus diberikan oleh para entrepreneur dalam bisnis itu sendiri. Layanan yang dituntut oleh konsumen sebagai sebuah hal yang wajib untuk dipenuhi.

Konsep layanan itu berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu bisa menyentuh aspek "heart" atau hati setiap konsumen. Tentu menjadi sesuatu yang unik ketika entrepreneur dipaksa untuk memahami heart atau hati konsumen. Kalau dilihat, inilah aspek human yang harus disentuh oleh para entrepreneur.  

Oleh karena itu, pemahaman tentang buday aperusahaan, harus memasukkan unsure melayani sebagai aspek yang penting agar bisa bersaing dengan perusahaan lain atau entrepreneur lain. Jadikan budaya melayani sebagai sebuah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan diberikan kepada setiap orang dalam perusahaan. tanggungjawab setiap entrepreneur menjadikan seluruh orang dalam perusahaan paham dengan budaya.

Untuk itu, perlu dilihat sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi. Membuat layanan sebagai sebuah layanan itu dimulai dari definisi layanan yang akan diberikan kepada konsumen, baik internal maupun external customers. Konsep dasar layanan menjadi kerangka pemikiran yang harus dimiliki karyawan dalam perusahaan. jangan dianggap remeh hal ini.

Setelah itu, entrepreneur harus bisa membuat pemahaman yang benar dari setiap karyawan terhadap layanan itu bagi perusahaan. kenapa perusahaan harus memberikan layanan dan kenapa setiap individu harus memberikan layanan. Itu harus dan wajib diberikankepada setiap karyawan dalam rangka membangun kesepahaman dalam diri karyawan dan juga diri para entrepreneur.

So, sudah saatnya entrepreneur mulai peduli akan tanggung jawab untuk membangun bisnis mereka dengan basis budaya layanan yang harus dimiliki oleh para entrepreneur dan juga setiap karyawan dalam perusahaan itu sendiri. Keterlibatan karyawan menjadi faktor kunci untuk sukses dalam bisnis. Tingkatkan pemahaman mereka dan dorong mereka untuk melayani dengan reward dan punishment yang jelas. 

Tulisan di new.merizahendri.blogdetik.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: