Apa yang anda rasakan pada setiap momentum peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 70? Tentu pertanyaan yang sangat sederhana adalah apa hubungan antara kemerdekaan RI dengan jiewa setiap entrepreneur di negeri ini. Bagi saya, hubungannya sangat erat dan pastinya akan memberikan value bagi setiap diri entrepreneur.


Kemerdekaan yang ke 70 ini memiliki makna yang sangat luar biasa karena berhubungan dengan perjalanan bangsa Indonesia sejak tahun 1945. Perjalanan bangsa yang begitu panjang dan menghadapi berbagai tantangan yang berasal dari dalam dan luar negeri. Tentu sangat penting untuk dilihat secara komprehensif.



Satu hal yang paling penting dalam hubungannya dengan setiap entrepreneur adalah bagaimana sejatinya entrepreneur dalam menggapai tujuan bisnis nya yaitu profit, people, planet, sustainability minimal untuk 10 tahun yang akan datang serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tidaklah gampang perjuangan setiap entrepreneur untuk mencapai tujuan tersebut.

Inilah yang menjadi penting bagi setiap entrepreneur agar bisa sukses dalam bisnis. Semangat untuk menjadi juara akan sangat relevan dengan karakteristik setiap entrepreneur dalam mencapai tujuan tersebut. Juara sejati yang disebut sebagai mindset dan bahkan menjadi sikap mental harusnya dimiliki oleh setiap entrepreneur untuk saat ini dan yang akan dalam mencapai tujuan tersebut.

Juara sejati ada dalam diri setiap entrepreneur dan oleh karena itu, mereka harus memiliki kejelasan tujuan dalam setiap bisnis yang dijalankan. Pengetahuan yang jelas terhadap tujuan akan menjadi arahaan dan guidance dalam setiap bisnis yang dijalankan. Seringkali orang tidak jelas dalam menetapkan tujuan sehingga berdampak kepada semanfat yang mereka miliki untuk mencapainya.

Tentu hal ini tidak diharapkan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Kepastian tujuan dan semangat yang tinggi untuk mencapai tujuan tersebut akan tercermin dalam berbagai aktivitas sehari-hari setiap entrepreneur sehingga akan berbeda dengan pesaing lainnya. Tidak bisa dipungkiri bagaimana mereka sejatinya harus mendapatkan semangat juara seorang juara sejati dalam bisnis dan terus mengembangkan dalam aktivitas sehari-hari.

Semangat ini harus menjadi dasar dan bentuk yang kedua setelah menetapkan tujuan tadi. Adapun yang ketiga adalah bagaimana entrepreneur perlu menetapkan strategi yang tepat setelah melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal bisnis mereka yang akan menentukan posisi bisnis di pasar. Lingkungan bisnis setelah kemerdekaan salama 70 tahun ini belum 100% menunjukkan kemerdekaan bagi setiap rakyat Indonesia dan pastinya akan berdampak kepada bisnis itu sendiri. Lingkungan politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi yang berdampak kepada bisnis entrepreneur.

Hal inilah yang perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur untuk menjadi juara sejati dalam bisnis dan menjadi  yang terbaik untuk mencapai tujuan di atas sehingga mampu menunjukkan bagaimana bisnis mereka dapat memberikan kontribusi kepada diri sendiri dan juga orang lain, khususnya bangsa ini dalam bentuk mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pejuang bangsa dengan mengorbankan harta dan jiwa raga mereka selama ini.


So, marilah kita sebagai anak muda mengambil pelajaran dan semangat untuk benar-benar menjadi seorang juara sejati dalam bisnis untuk bisa sukses dengan bisnis itu sendiri. Tanpa juara, bangsa ini akan tertinggal dibandingkan bangsa lain.. SALAM JUARA..

tulisan ada di www.juaranews.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: