Seharian ini saya belajar tentang bagaimana seorang entrepreneur harus menguasai business modelling untuk bisnis mereka dan dilanjutkan dengan membuat standard Operation Procedures (SOP). Dua materi yang saling berhubungan satu sama lain.

Satu hal yang sangat penting bagi para entrepreneur adalah bagaimana mereka membangun bisnis dengan fokus pada bisnis yang dijalankan. Itulah pesan utama yang ingin saya sampaikan di kelas. Pesan sederhana, tetapi penuh makna.

Disinnilah saya teringat dengan sebuah materi tentang komunikasi yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur. Kemampuan komunikasi yang memnag sudah wajib untuk dikuasai untuk menggapai sukses itu sendiri.

Kejelasan pesan itu harus memperhatikan beberapa hal yaitu pertama, tujuan dari komunikasi tersebut. Tujuan itu terdiri dari AIDA, attention, interest, desire dan action. Entrepreneur harus memilih salah satu tujuan tersebut.

Kedua ada menentukan target audiense yang hendak di targetkan oleh para entrepreneur. Usianya, jenis kelamin, pekerjaan, kepentingan mereka terhadap apa yang disampaikan, waktu penyampaian pesan adalah beberapa hal yang harus dipahami entrepreneur.

Ketiga adalah media yang digunakan oleh para entrepreneur dalam komunikasi, bisa lisan ataupun tulisan. Hal ini akan berdampak kepada para entrepreneur dalam berkomunikasi dengan target audience nya.

Inilah yang perlu dipahami oleh para entrepreneur dalam melakukan komunikasi dengan target audienc agar bisa sukses menyampaikan pesan tersebut. Ingat, pastikan pesan sampai kepada mereka sesuai tujuan komunikasi itu sendiri
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: