Inilah yang membuat saya kaget ketika mendengar pernyataan dari seorang entrepreneur ketika ditanya, apa yang menunjukkan kualitas diri seorang entrepreneur dalam kehidupan sehari-hari. “kang, apa tugas utama seorang entrepreneur dan pastinya akan berdampak kepada kualitas diri mereka masing-masing” Tanyanya kepada saya.

Tentu tidak mudah menjawab pertanyaan ini karena berhubungan berbagai aspek dalam diri entrepreneur itu sendiri dan juga bisnis mereka. Kalau ditelisik lebih jauh, jelas yang penting bagi setiap entrepreneur adalah decision making dalam setiap aspek yang berhubungan dengan bisnis itu sendiri. Selain itu, decisioin making yang berhubungan dengan diri sendiri dan juga lingkungan eksternal yagn berada di sekitar bisnis para entrepreneur.


Oleh karena itu, jelas sudah bagaimana kualitas diri entrepreneur itu sangat ditentukan oleh setiap keputusan yang mereka buat. Keputusan itu adalah faktor utama dalam diri entrepreneur ketika mereka akan menjalankan dan menumbuhkembangkan bisnis itu sendiri. Kenapa demikian? Ada satu konsep dasar yang ingin saya share yait bagaimana seorang leader itu akan dilihat kualitasnya berdasarkan keputusan yang dibuat, lalu keputusan itu akan dilihat baik kalau komunikasi yang dijalankan baik.

Jelas terlihat bagaimana keputusan itu harus dibuat dengan baik dan tepat oleh setiap entrepreneur. pesan utama yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana entrepreneur mulai fokus dalam membuat keputusan berdasarkan logika dan bukan berdasarkan emosi bahkan berdasarkan kepada pengalaman masa lalu karena itu akan bertentangan dengan aspek utama yaitu masa lalu sementara bisnis itu bukan untuk masa lalu, tetapi masa depan.

Tidak boleh membuat keputusan dalam keadaan emosi yang terlihat pada kondisi sedang marah, sedih, takut, tertekan, apatis dan bahkan dalam keadaan sangat bahagia. Kondisi ini membuat entrepreneur cenderung tidak sadar sehingga pada saat itu, entrepreneur kurang memperhatikan untung dan rugi dalam setiap keputusannya.

Biasanya, setiap entrepreneur yang membuat keputusan dalam keadaan emosi, akan cenderung menyesal ketika keputusan itu sudah dibuat. Penyesalan tidak akan ada gunanya. Disinilah orang akan melihat kualitas diri entrepreneur tersebut. Ketika menyesal dan marah-marah dengan hasil keputusan, orang menilai sejauh mana kemampuan diri mereka.


So, entrepreneur kudu fokus pada salah satu kemampuan dasar yang harus mereka miliki yaitu membuat keputusan yang berhubungan dengan diri, bisnis dan lingkungan luar dari bisnsi itu sendiri karena akan menentukan kualitas mereka dalam menjalankan bisnis…. LET’S BE A STRATEGIC ENTREPRENEUR

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: