Rasanya, hal ini perlu mendapatkan sebuah pemikiran yang mendasar bagi setiap entrepreneur dalam mencapai kesuksesan diri sebagai entrepreneur dan juga sebagai pebisnis muda yang sukses. Banyak hal yang harus dilakukan entrepreneur agar sukses tersebut bisa diraih dengan mudah dan cepat, …he2.. itu pastinya.

Akan tetapi, semakin kesini, terlihat bahwa ada satu keterampilan yang memang harus dikuasai dengan baik dan itu adalah komunikasi. Tidak penting bisnis nya apa, yang pasti, komunikasi adalah kata kunci untuk meraih sukses dalam berbisnis. Khususnya komunikasi dengan konsumen dan karyawan.



Bicara tentang komunikasi, setiap orang memang dituntut untuk mampu memberikan value yang optimal dalam komunikasi mereka kepada stakeholders dengan baik. Komunikasi yang mampu menggerakkan setiap orang dalam perusahaan maupun di luar perusahaan untuk menjalankan apa yang diharapkan oleh entrepreneur.

Disinilah yang saya rasakan pentingnya entrepreneur untuk menguasai Neuro Linguistic Program (NLP) dalam komunikasi yang mereka jalankan. Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa yang menjadi dasar mereka adalah bagaimana setiap orang mampu mengelola komunikasi melalui brain atau otak manusia.

Ini yang saya rasakan ketika mengikuti kelas-kelas yang membahas tentang NLP. Hal ini juga telrihat pada berbagai artikel yang membahas tentang NLP dan kesuksesan banyak orang dalam berkomunikasi. Intinya, pahami diri setiap orang dan anda akan mampu menguasai mereka agar mau menjalankan apa yang diharapkan.

Ketika bicara orang, mereka tidak bisa dilepaskan dari unsur otak. Manusia itu memiliki tiga bagian penting dari otak yaitu neokorteks, limbics dan reptilian. Hal ini berhubungan dengan apa yang dimiliki manusia yaitu berfikir, merasakan dan bertindak. Ketika hal ini penting dan pastinya dimiliki manusia.

NLP masuk kepada bagaimana cara kerja otak pada ketiga bagian tadi yaitu neokorteks, limbics dan reptilian atau berfikir, merasakan dan bertindak. Kerja otak ini menentukan apa yang akan dilakukan oleh setiap manusia dan ketika dihubungkan dengan teori komunikasi, yaitu AIDA, attention, interest, desire dan action, terlihat bagaimana sejatinya seorang entrepreneur harus mampu berkomunikasi dan harus menyentuh pemikiran, rasa dan tindakan mereka.


Oleh karena itu, sudah sejatinya seorang entrepreneur untuk terus mengasah kemampuan komunikasi mereka agar bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis dengan menerapkan NLP dan hubungannya dengan setiap diri manusia karena pada hakekatnya, manusia itu memiliki neokorteks, limbics dan reptilian. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: