Salah satu kegiatan utama yang selalu dilakukan oleh entrepreneur adalah komunikasi dengan menyampaikan pesan kepada orang lain untuk bisa membangun kesamaan cara pandang sehingga pendengar melakukan apa yang diinginkan oleh entrepreneur.

Seringkali ditemui banyak orang dan bahkan entrepreneur gagal dalam mengelola komunikasi, sementara mereka sudah membuat strategi, taktik dan bahkan program yang sangat penting bagi bisnis mereka.

Akan tetapi, karena gagal dalam menjalankan komunikasi yang efektif dengan pendengar, yang bisa saja adalah konsumen, karyawan, suppler dan lain-lain. Alangkah sedihnya karena gagal berkomunikasi, semuanya jadi berantakan.

Semakin kesini, semakin terasa begitu strategisnya posisi komunkasi dalam mencapai kesuksesan setiap entrepreneur. Hal ini benar-benar terlihat dan terasa ketika menyampaikan produk, baik barang ataupun jasa kepada para konsumen yang sangat penting bagi entrepreneur.

Lalu, komunikasi seperti apakah yang sejatinya dipahami oleh setiap entrepreneur? Saat ini, yang terasa adalah bagaimana berkomunikasi dengan memahami disi pendengar dalam konteks psikologi dan menggunakan pola pikir atau cara berfikir mereka dan memanfaatkannya untuk berkomunikasi.

Hal ini dirangkum dalam NLP atau neuro linguistic proggram dengan memahami pola pikir mereka dan menggunakan bahasa mereka untuk dapat dijadikan dasar dalam membangun komunikasi dalam bisnis.

Setiap entrepreneur dituntut untuk mampu menggunakan NLP dalam berrkomunikasi dengan stakeholders nya. setelah mengetahui dan mampu menggunakan NLP tersebut, maka entrepreneur dituntut untuk terus mengasah kemampuan komunikasi tersebut dalam aktivitas sehari-hari dan khususnya dalam bisnis.


Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: