Kekuatan yang harus dimanfaatkan oleh para entrepreneur adalah koperasi yang menjadi soko guru ekonomi negara ini. Koperasi yang sejatinya dapat dimanfaatkan oleh entrepreneur ketika tingkat persaingan yang semakin tinggi dan membuat mereka menjadi tidak stabil dalam menjalankan bisnis. Tentu kondisi ini harus ditanggapi secara objektif oleh entrepreneur dan mencari alternative ide untuk membantu menyelesaikannya.

Rasanya, koperasi harus bisa dilihat secara lebih mendalam ditengah tingkat ekonomi yang tidak stabil dan memegang konssep kapitalis murni. Tidak bisa dilihat secara dangkal karena itu tidak memberikan nilai apa-apa bagi para entrepreneur. lihatlah koperasi dengan lebih baik karena prinsipnya begitu baik dan tinggal implementasinya.

Koperasi itu menjadi penting ketika setiap entrepreneur mampu memilih sebuah bisnis bersama komunitas mereka dan pastinya membuat berbagai kesamaan dalam bisnis. Kesamaan ini berarti mereka memiliki kesamaan pasar, kesamaan sumber daya seperti bahan baku dan yang paling penting adalah memiliki kesamaan untuk maju dan sukses dalam bisnis itu sendiri.

Pemahaman atas hal ini menjadi dasar yang kuat dalam membangun koperasi. Setiap orang memiliki hak yang sama sehingga tidak ada yang akan bisa menjadi dominan dalam koperasi tersebut. Koperasi memang harus ditempatkan pada tingkat yang lebih baik dalam artian semua hak sama dan akan melakukan untuk kebaikan bersama.

Sebagai contoh, sebuah koperasi harus beranggotakan 10 orang minimal agar bisa berjalan dengan baik. Tentu hal ini akan menggambarkan bagaimana kebersamaan sebagai dasar yang harus dibangun oleh para entrepreneur. kebersamaan dalam prinsip gotong royong agar bisa mencapai kesuksesan bersama yang hendak dicapai oleh para entrepreneur. tidak bisa dipungkiri pastinya kalau akan berdampak kepada diri mereka masing-masing juga.

Oleh karena itu, perlu rasanya pendidikan dan praktek pengelolaan koperasi mulai difikirkan oleh para entrepeneru dalam menjalankan bisnis untuk menggapai kesuksesan tadi. Tidak boleh tidak, setiap aspek dalam bisnis harus dikerjakan bersama-sama dan untuk mencapainya, juga bisa dilakukan bersama-sama oleh para entrepreneur. salah satu media yang bisa dimanfaatkan adalah koperasi itu sendiri.

Sudah saatnya entrepreneur mulai memikirkan bagaimana koperasi bisa dikembangkan dalam bisnis dan nantinya akan menjadi tulang punggung bagi bisnis itu sendiri. Jangan sia-siakan potensi yang ada dalam bisnis agar bisa sukses bersama. So, saatnya entrepreneur mulai fokus mempelajari koperasi dan mengambil manfaat dari koperasi itu sendiri. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: