Kemaren, tim SMC dan saya berkesempatan melakukan kunjungan kepada salah satu entrepreneur muda sukses yang memilih bisnis kuliner yaitu Rumah Makan AYAM DOWER di Katapang Soreang, Kabupaten Bandung. Kungjungan yang sangat luar biasa karena bertujuan untuk melihat sejauh mana sistem manajemen yang sudah dibuat dan dijalankan oleh manajemen.

Kunjungan ini memang dilakukan secara rutin oleh manajemen SMC untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi sistem manajemen dan permasalahan yang dihadapi seputar manajemen sistem tersebut. Langkah strategis yang harus diambil pun memang dipilih agar bisa dilakukan perbaikan karena memang sejatinya konsep dasar yang digunakan oleh manajemen SMC terhadap pebisnis adalah continues improvement.


“saya menghadapi permasalahan pada bagian pengelolaan sumber daya manusia” kata Bambang, owner ayam dower. Hal ini dirasakan ketika memberikan pelatihan dan pengembangan diri setiap karyawan dalam perusahaan. Seringkali mereka kurang mengerti apa yang diharapkan manajemen dan bahkan keterbatasan dalam kreativitas dan inovasi.

Manajemen SMC sendiri memang melihat permasalahan sumber daya manusia menjadi dasar untuk setiap isu yang memang harus diselesaikan oleh manajemen perusahaan. SDM adalah dasar untuk segala bisnis mereka sehingga sudah sejatinya hal ini diperlukan untuk diatasi.

“Selain itu, ada permintaan untuk membuka cabang Ayam Dower, bagaimana baiknya kang Meriza?” lanjut bambang. Tentu hal ini harus ditanggapi secara hati-hati oleh tim SMC karena peluang datang begitu cepat dan pastinya banyak entrepreneur tergiur untuk menangkap peluang.

Bagi tim SMC sendiri, tidak mudah untuk mengambil peluang yang datang karena selalu dilihat dari aspek kekuatan dan kelemahan masing-masing entrepreneur. tidak boleh tergoda langsung dengan peluang tanpa memperhatikan hasil analisis internal dan eksternal diri mereka.


Pada akhirnya, visitasi kemaren memberikan value bagi Ayam Dower dan tim disana bahwa sistem manajemen itu tidaklah mudah untuk dipelajari dan dijalankan karena berhubungan denganknowledge, skill, attitude dan ini lah yang menjadi perhatian tim STRABIZ Management Consulting.

Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: