Dalam satu diskusi bersama para manajer sebuah perusahaan, saya mendapatkan sebuah pelajaran yang sangat luar biasa berkenaan dengan konsep leadership dan managerial. Dua konsep  yang saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan. Tentu para entrepreneur harus mampu melihat ini dengan baik dan dalam kacamata yang benar sehingga bisa memberikan value untuk diri mereka sendiri dan juga perusahaan.

"saya sudah menjadi manajer dalam 10 tahun ini" kata salah satu manajer dalam diskusi tersebut. Memang kalau dilihat dari sisi usia, tidak diragukan lagi kalau beliau memang sudah senior dan menempati posisi sebagai seorang manajer dalam perusahaan mereka. Tidak tanggung-tanggun, posisinya sudah mencapai senior menajer untuk perusahaan berskala MNC atau Multi National Company.

Perusahaan yang sudah kuat budaya perusahaan dan menuntut setiap manajer mereka untuk bisa bekerja secara optimal untuk bisa memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan yaitu profit, people dan planet. Bagi para entrepreneur, halini menjadi penting karena tujuan bisnis itu sendiri adalah membuat tim mereka bisa bekerja secara optimal.

Akan tetapi, ada satu yang mengganjal ketika berdiskusi dengan mereka. "saya seringkali menghadapi kendala dalam menjalankan setiap keputusan yang sudah saya buat dalam perusahaan. seringkali keputusan yang sudah dibuat secara hati-hati dan mengikuti proses yang benar, akan tetapi, tidak menyelesaikan masalah" imbuhnya.

Hal ini bisa dipahami ketika para manajer merasakan adanya tantangan dan kendala dalam menyelesaikan masalah dalam konteks keputusan yang dia buat. Satu hal yang paling besar pengaruhnya kalau kita menggunakan hukum pareto adalah variabel manusia dalam hal bawahan para manajer itu sangat penting dalam implementasi keputusan tersebut.

Inilah yang perlu dipahami dengan baik dan juga bagaimana entrepreneur harus bisa menyadari bahwa managerial skill saja tidak cukup, akan tetapi harus ditambah dengan leadershuip skill dalam menjalankan setiap program yang ada dalam perusahaan mereka. Apalagi berhubungan dengan keputusan yang pastinya sangat relevan dengan penyelesaian masalah dalam perusahaan. hmmm.. apakah begitu?

Iya, betul sekali. Karena berhubungan dengan manusia, inilah korelasinya dengan manusia dimana manusia harus di"lead" atau dipimpin oleh para entrepreneur agar mereka mau menjalankan apa yang diharpakan oleh manajer. Leadership itu berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar mau menjalankan apa yang mereka inginkan. So, inilah yang harus dikuasai oleh para manajer yaitu sisi leadership skill 

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: