Dalam program Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM tadi malam, bahasan yang diambil adalah bagaimana berbisnis batu akik yang dijalankan oleh para entrepreneur di Kota Bandung dan diwakili oleh Panji, anak muda yang memilih bisnis batu akik sejak muda. Menarik sekali bahasannya karena bisnis batu akik memang menjadi pilihannya. "saya memilih bisnis batu akik sejak saya muda dan bahkan sejak saya duduk di SMA" kata panji memulai diskusi bisnis.

Dia menjalankan bisnis batu akik bukan karena ikut-ikutan seperti yang dilakukan oleh banyak orang dimana ketika sebelum lebaran1436H, banyak orang menjalankan bisnis batu akik, akan tetapi tidak berlangsung lama ketika banyak orang juga yang memilih bisnis ini. "Tentu hal ini adalah sesuatu yang berlaku umum" penjelasan Sahabat Meriza, GIMB Foundation yang menjelaskan fenomena bisnis batu akik.

"Bisnis batu akik itu musiman dan harus dipahami oleh para entrepreneur serta salah satu karakter nya adalah bisnis tersebut masih melihat batu akik sebagai mass product dimana produk-produknya dianggap umum" tambah Meriza. Produk masal adalah produk-produk yang masih dianggap memenuhi kebutuhan dasar para konsumen.

Kunto Aji, pemimpin cabang Bank BJB Tangerang menambahkan bagaimana sebaiknya bisnis batu akik. "batu akik akan terus ada dan dicari oleh para pecintanya dan disinilah perlunya pengusaha batu akik memberikan nilai atau value dan bukannya menjual produk" katanya. Entrepreneur tidak lagi terjebak kepada melihat batu akik sebagai barang akan tetapi lebih dari itu.

Adam, pemred strategidanbisnis.com memberikan tambahan bagaimana perkembangan batu akik yang dilihat dari aspek komunitas. "banyak sekali komunitas batu akik yang bisa dimanfaatkan oleh entrepreneur untuk meningkatkan inovasi mereka agar batu akik semakin dikenal dan terus dikenal oleh pasar" kata adam. Dia mencontohkan bagaimana komunitas batu akik yang berkembang di Cirebon dan pastinya bisa juga dimanfaatkan oleh para entrepreneur yang berbisnis batu akik di Kota Bandung.

"kami sudah mengembangkan komunitas batu akik" jawaban Panji. Dia menyadari bagaimanaa pentingnya komunitas bagi bisnis batu akik. Inilah yang mempertahankan bisnis batu akik sampai sekarang untuk bisa lebih bisa diterima pasar.

Pada akhirnya, Meriza menyimpulkan beberapa pelajaran dalam acara Belbiz. "beberapa pelajaran pertama adalah bagaimana entrepreneur harus fokus pada nilai dalam bentuk produknya. Kemudian, terus melakukan inovasi dan membangun komunitas sebagai pasar agar bisnis ini bisa jangka panjang" katanya menutup program Belbiz. 

Tulisan ada di www.belbizonradio.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: