Inilah tiga bidang yang dikembangkan oleh Dinas Perikanan dan maritim Jawa Barat dalam rangka penciptaan Wirausaha Baru Jawa Barat yang menjadi program Gubernur Jawa Barat dari tahun 2014 -2018. Sebagai salah satu OPD di Jawa Barat, Dinas ini punya tanggung jawab untuk ambil bagian dari progra$m tersebut.

"Kami memiliki target 1000 wirausaha Baru Jawa Barat setiap tahun" kata Jafar ismail, kepala Dinas Perikanan dan maritim Jawa Barat, semalam ketika menghadiri program Nubiz, yang muda yang berbisnis di Bandung TV. Target setiap tahun sampai 2018.

"Pada tahun pertama, sudah berhasil dicetak 2010 wirausaha baru jabar dan sekarang mereka sudah menjalankan bisnis masing-masing" imbuhnya kepada Meriza Hendri selaku host dalam acara tersebut. Itu adalah capaian yang disampaikan Jafar dalam program WUB Jabar.



"Memang program wub jabar diarahkanuntuk menjadikan para wirausaha memiliki bisnis dengan basis pengetahuan dan keterampilan" tambah Deni Rahayu, kabag umkm, indag dan pariwisata Biro perekonomian Jabar yang hadir dalam acara Nubiz. Para wirausaha muda yang awalnya berbisnis seperti biasa, sekarang dibekali ilmu bisnis dan manajemen.

Dodi, kepala Balai budidaya ikan patin dan ikan lele, dinas Perikanan dan Maritim Jabar menambahkan bahwa. "Balai kami membantu wirausaha dan mencetak wirausaha dalam. Budidaya ikan patin dan ikan lele sebagai pelaksana program Dinas Perikanan dan Maritim Jabar". Balai ini memberikan pelatihan selama tiga hari kepada WUB Jabar.

Ada tiga bidang yang dikembangkan oleh Dinas Perikanan Jabar. " Kami fokus pada ikan tagkap, budidaya ikan dan olahan ikan" tambah Jafar. Hal ini menjadi fokus dinas ini dalam program WUB Jabar.

Ikan tangkap bagi para nelayan-nelayan yang lebih banyak di Pantai Utara, budi daya ikan dibantu enam balai dan salah satunya balai budidaya ikan patin dan ikan lele. Ada juga budidaya ikan hias, ikan gurame, udang.


Yang terakhir, Dinas ini mengembangkan olahan ikan. Tahun 2015, dinas perikanan dan maritim membuat target 800 wub yang akan dilatih, dibina dan didampingi sehingga nanti akan tercipta wirausaha tangguh di perikanan. 
Powered by Telkomsel BlackBerry®


Tulisan ada di www.nubizontv.com





Share To:

meriza hendri

Post A Comment: