Hari ini sampai jumat, saya berkesempatan untuk memberikan sharing kepada teman-teman karyawan di PT Semen Tonasa, salah satu anak perusahaan BUMN, Semen Indonesia yang berada di Pangkep, Makasar.

Rasanya, bicara rentang bisnis, tidak bisa dilepaskan dari resiko, khususnya resiko yang relevan dengan bisnis itu sendiri. Ada resiko yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Tentu bicara resiko akan berdampak kepada bisnis itu sendiri, baik penurunan penjualan ataupun peningkatan cost perusahaan yang pastinya akan terlihat pada penurunan jumlah profit yang diterima perusahaan.

Oleh karena itu, wajar rasanya manajemen PT semen Tonasa memberikan pelatihan tentang pengelolaan asuransi bagi karyawan mereka yang bertugas mengelola aset perusahaan dengan mengurangi resiko bisnis dengan menyerahkan pada asuransi.

Lalu, bagaimana dengan entrepreneur yang memiliki bisnis yang kebanyakan bisnis mereka pada skala mikro dan kecil? Hal ini perlu dipahami dengan baik agar bisnisnya bisa terus berjalan untuk mencapai tujuan bisnis.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu memahami konsep resiko itu sendiri tentang, apa yang dimaksud dengan resiko, apa saja jenis resiko yang dihadapi, dampaknya bagi bisnis,ssiapa yang bertanggung jawab dan apa yang harus dilakukan untuk meminimalisir dampak resiko.

Salah satu tindakan yang sangat penting bagi entrepreneur adalah mulai mengasuransikan bagian dari aktivitas bisnisnya. Jadi, tidak perlu menunggu perusahaan harus besar dulu. Semuanya harus dimulai dari sekarang.

Asuransi yang utama adalah asuransi kesehatan dan keselamatan kerja.hal ini penting agar ketika ada resiko kecelakaan selama menjalankan bisnis, bisa dijamin oleg asuransi iitu sendiri.

Asuransi kedua adalah asuransi kendaraan, baik motor ataupun mobil yang digunakan oleh entrepreneur karena keduanya digunakan untuk operasional perusahaan dan diri setiap entrepreneur.

Selanjutnya, asuransi property all risk bagi wirausaha karena kantor, pabrik, tempat berdagang butuh asuransidari resiko kebakaran, dan lain-lain, tentu hal ini sebuah resiko yang harus dihadapi oleh wiirausaha.

Inilah yang dihadapi oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Dan meminimalisir resiko dengan asuransi...

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: