Tuntutan saat ini, seorang entrepreneur harus memiliki strategic thinking atas apa yang mereka jalankan dalam bisnis. Strategic thinking atau berfikir stratejik itu tidak mudah akan tetapi wajib mereka jalankan agar bisa membuat bisnis menjadi tetap berjalan dan bahkan diharapkan mampu berkembang dari skala mikro, kecil, menengah sampai besar. Adapun tips-tips yang bisa dijalankan adalah
1.       Memiliki impian jangka panjang
Hal ini adalah dasar bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis dimana mereka harus menetapkan visi atau impian yang hendak dicapai dalam bisnis. Visi ini memiliki karakter jangka panjang dan disesuaikan dengan kompetensi dan keinginan pasar serta memiliki batasan area
2.       Memahami lingkungan internal dan lingkungan eksternal
Entrepreneur harus menyadari dan terus menganalisis faktor lingkungan, baik internal dan eksternal serta dampaknya terhadap bisnis itu sendiri, baik kekuatan, kelemahan, peluang ataupun ancaman. Konsep dasarnya adalah mengoptimasi kekuatan dan dan peluang dan meminimalisir kelemahan dan ancaman.
3.       Memahami posisis di pasar
Hal ini penting karena posisi di pasar akan menentukan strategi bisnis yang akan digunakan oleh para entrepreneur dalam berbisnis.
4.       Memilih strategi dalam bisnis
Strategi adalah pilihan terbaik yang bisa diambil oleh para entrepreneur dalam berbisnis dan dasarnya adalah posisi entrepreneur di pasar. Posisi yang pastinya akan menentukan sejauh mana mereka mampu mendapakan pilihan untuk tetap mencapai tujuan.
5.       Membuat program dan anggaran untuk bisnis
Entrepreneur harus bisa membuat program dalam bisnis dan berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang dihubungkan dengan anggaran untuk setiap fungsi agar mencapai visi dan misi perusahaan.
6.       Membuat SOP
Strategic thinking akan semakin kuat apabila entrepreneur mampu membuat standard operation procedure (SOP) bagi perusahaan mereka akan bisa berjalan sebuah sistem dengan baik.
7.       Mengevaluasi strategi
Yang tidak kalah penting bagi entrepreneur yang akan mengembangkan strategic thinking adalah bagaimana mereka harus bisa mengevaluasi dan mengontrol setiap strategi dan implementasinya dengan baik.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: