Kata-kata dalam setiap aktivitas komunikasi menjadi kuat dampaknya ketika seorang entrepreneur dapat menggunakannya dengan tepat, baik tepat waktu ataupun tepat kepada tujuan orangnya. Hal ini harus dipahami oleh para entrepreneur untuk sukses dalam bisnis. Kata-kata seringkali diabaikan oleh entrepreneur dalam bisnis karena dirasa tidak penting. Akan tetapi, semakin kesini, makin terasa begitu pentingnya entrepreneur memahami kata-kata.

Banyak hal yang harus dipahami entrepreneur dalam bisnis dan hubungannya dengan komunikasi. Pengalaman saya menunjukkan bagaimana entrepreneur harus bisa memiliki kata-kata yang tepat dan bisa mempengaruhi orang lain sesuai dengan tujuan komunikasi itu sendiri. Pilihan kata yang terkesan sederhana, akan tetapi berdampak luar biasa.

Pilihan kata yang bersifat motivasi kepada para karyawan dan juga orang lain menjadi penting. Motivator ulung selalu menyatakan hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana mereka mampu menggerakkan entrepreneur untuk bisa melakukan apa yang mereka inginkan. Keinginan untuk bisa sukses dalam bisnis dengan mengetahui need, want dan demand para stakeholders.

Inilah pelajaran yang sangat berharga dan relevan dengan para entrepreneur dalam berbisnis. Mereka semakin dituntut untuk bisa memahami setiap stakeholders sehingga membuat orang tergerak untuk menjalankan apa yang mereka inginkan. Tentu konteksnya adalah positif dan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar.

Disinilah peran seorang entrepreneur dalam berbisnis dan menguasai kemampuan komunikasi atau communication skill. Pemilihan kata-kata yang tepat dan juga berhubungan dengan kepentingan setiap stakeholders akan memudahkan entepreneru dalam berkomunikasi. Kemudahan yang akan membuat apa yang mereka sampaikan dapat diterima dan dijalankan oleh stakeholders itu sendiri.

Biasanya, entrepreneur itu harus melakukan empati atau merasakan apa yang dirasakan oleh stakeholders dan pada akhirnya akan tercermin pada kata-kata yang dilontarkan oleh entrepreneur dalam berkomunikasi. Ketika semuanya keluar dari hati mereka, akan keluar juga pilihan kalimat yang tepat dan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika hatinya bersih, akan keluar juga kata-kata yang bersih.

Inilah yang harus diperhatikan entrepreneur dalam berbisnis. Mulailah dari pemahaman yang tepat bagaimana mereka bisa memahami pentingnya komunikasi dan memanfaatkan komunikasi untuk menggerakkan orang lain. Pilihan kata adalah hasil dari empati yang diberikan kepada orang lain dan mulai mampu meyentuh hati mereka. 

Tulisan di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: