Salah satu pelajaran yang sungguh luar biasa bagi para entrepreneur dalam kehidupan ini adalah sholat berjamaah. Memang ini menjadi fokus para entrepreneur muslim dimana mereka memiliki sebuah nilai yang sangat kuat dan erat serta bila diambil sebuah pelajaran, tidak akan mudah untuk diabaikan. Jangan pernah terjbak dengan apa yang ada saat sekarang ini.

Sholat berjamaah adalah pelajaran yang penuh makna apabila bisa dijalankan dengan baik. Sholat yang merupakan tiang agama bagi setiap umat muslim adalah penting ketika mereka menyadari bahwa bisnis juga perlu sebuah tiang yang kuat dan kokoh dalam mencapai tujuan bisnis itu sendiri. Bagaimana mereka memiliki fondasi yang tidak mudah dipatahkan.


Dalam konteks bisnis, sholat berjamaah juga menjadi pola pendidikan yang sangat penting karena diajarkan untuk berdisiplin dalam bisnis. Bagaimana setiap umat muslim ketika azan bergema, maka mereka akan mendatangi mesjid untuk sholat bersama. Bahkan diajarkan untuk bisa datang kemesjid 10 menit sebelum azan.

Ini penting bagi pendidikan mental dan moral setiap entrepreneur dalam berbisnis. Disiplin untukmencapai apa yang sejatinya dilakukan secara berulang oleh para entrepreneur. apalagi disiplin yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari dengan bertemu para stakeholders. Jangan pernah telat sholat berjamaah karena mereka akan ditinggalkan oleh imam dan jamaah lainnya dalam sholat di mesjid.

Pelajaran lainnya adalah bagaimana entrepreneur diajarkan untuk terus bersama-sama dalam bisnis. Sholat berjamaah benar-benar membentuk kebesamaan diantara jamaah yang pastinya akan memberikan manfaat yang saling penting bagi jamaah itu sendiri. Kebesamaan bila ada jamaah yang tidak sholat khusu', maka imam ataupun jamaah yang lain yang khusu' maka akan bermanfaat bagi yang tidak khusu' tadi.

Ini penting bagi entrepreneur ketika dituntut fokus dalam berbisnis. Semuanya harus dilakukan bersama dan berjamaah. Lebih dalam lagi, ada konsep komunitas yang harus dipegang oleh para entrepreneur dalam mengembangkan bisnis. Komunitas itu kumpulan orang yang memiliki kepentingan bersama dan bekerjasama untuk mencapai tujuan besama tersebut.

Inilah yang luar biasa dari sholat berjamaah dan pelajaran yang penting dan harus diambil oleh para entrepreneur ketika mereka akan mengembangkan bisnis. Harus bisa bersatu dengan entrepreneur lainnya dan berupaya  untuk mencapai tujuan yang jelas secara bersama-sama. Sudah saatnya entrepreneur untuk mengingatkan diri untuk bisa sholat berjamaah di mesjid pada waktu yang sudah ditetapkan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: