Kondisi ekonomi yang terjadi saat ini sangat memberikan pengaruh yang luar biasa kepada para entrepreneur yang berbisnis. Lingkungan ekonomi seolah-olah menjadi momok yang sangat besar bagi entrepreneur ketika hendak mencapai tujuan bisnis karena dampaknya itu tidak hanya pada satu sisi, akan tetapi berdampak dari berbagai penjuru.

Yang akan kena dampaknya itu adalah supplier dari bisnis mereka sendiri, pesaing yang juga menawarkan produk yang sama kepada konsumen yang sama, distributor atau agen yang merupakan business market para entrepreneur dalam berbisnis dan yang tidak kalah penting adalah consumer market yang pastinya menjadi pasar akhir dari seluruh produk yang mereka hasilkan.

Terus, kenapa haru tiga bulan lagi? Hhhmm… kemaren membaca berita yang berhubungan dengan UMKM, sudah tidak perlu menunggu tiga bulan lagi. UMKM sudah mengalami penurunan omzet 15 – 40%, tergangun karakteristik bisnis itu sendiri. Memang akan berbeda dampak kepada bisnis yang bersifat jasa dengan manufaktur. Tidak bisa dipungkiri bahwa para pelaku UMKM sudah mulai terkena dampaknya.

Akan tetapi, bagi perusahaan besar, akan terasa sekali tiga bulan yang akan datang. Mereka masih memiliki stok yang masih akan bisa dijual kepada konsumen. Tiga bulan kedepan masih aman sehingga mereka masih beranggapan bagaimana kondisi bisnis seolah-olah menjadi aman.

Hantaman yang akan sangat terasa nanti tiga bulan kedepan dimana supplier sudah merasakan kenaikan harga dan akan menjual kepada para pengusaha dengan harga yang lebih tinggi. Tentu hal ini menjadi catatan tersendiri bagi para entrepreneur dalam berbisnis. Ini adalah bentuk perubahan yang pertama.

Pesaing juga akan melakukan perubahan biaya yang akan berdampak kepada konsumen. Mereka akan menawarkan harga yang lebih murah dan pastinya menjadi tantangan bagi entrepreneur ketika mereka ingin tetap memberikan value kepada konsumen agar tidak pindah kepada yang lain. Akhirnya akan terjadi perang harga. Lalu, labanya dari mana?

Bagi distributor atau agen, akan kena imbasnya juga. Mereka mengalami kenaikan biaya operasi dimana tingginya biaya pengiriman, biaya transportasi mereka dan lain-lain. Tentu mereka juga menuntut kenaikan fee yang mereka dapatkan. Disisi lain, konsumen yang menjadi tujuan akhir para entrepreneur sedang mengalami kendala dalam hal daya beli. Mereka akan semakin susah membeli produk para entrepreneur. lebih fokus kepada pemenuhan basic need.

Inilah yang akan dihadapi entrepreneur pada tiga bulan kedepan….sudah siapkah menghadapi hal ini untuk tiga bulan kedepan? Hmmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: