Tahun ini, Kota Bandung memperingati ulang tahun yang ke 205 dan tentu sebagai bagian dari masyarakat Kota Bandung, rasanya, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk mengevaluasi diri dengan bertanya, apa yang sudah saya berikan kepada kota yang seringkali disebut dengan Parijs Van Java ini? hhhmmmmmmmm……

Mungkin bagi sebagian orang, pertanyaan tersebut tidak perlu difikirkan, apalagi dicari sebuah jawaban. Wasting time katanya dan tidak akan berdampak kepada apapun pada diri masing-masing. sah-sah saja sih…. Seorang masyarakat memberikan tanggapan seperti itu karena setiap orang berhak memberikan pemikiran dan tanggapan kepada apa yang datang kepada mereka.

Hanya saja, perlu warga Kota bandung memberikan pemikiran atas pertanyaan tersebut sehingga merasakan bahwa sebagai bagian dari Kota Bandung. Apa yang sudah saya berikan kepada Kota Bandung? Bagi saya, pertanyaan ini penuh arti dimana sebagai warga Kota Bandung, tentu memiliki peran yang sangat strategis, dilihat atau tidak dilihat oleh aparat pemerintah Kota.

Bagi saya, apa yang sudah saya berikan kepada Kota Bandung, saya sesuaikan dengan apa yang saya jalankan saat ini. khususnya dalam rangka pencapaian tujuan Kota Bandung untuk menjadi Bandung Juara. Bandung dimana kota ini menjadi yang terbaik dalam setiap hal, khususnya dalam menjalankan peran Kota sebagai tempat tinggal bagi warganya.

Sebagai seorang dosen, saya menerjemahkan bagaimana saya memberikan pembelajaran yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen kepada para mahasiswa dan mahasiswsi di Univesitas Widyatama. Para anak didik yang notabenen mayoritas adalah warga Bandung, saya didik dengan maksimal agar mereka memahami apa yang sebenarnya pada konsep bisnis dan manajemen. Harapannya tentu mereka nantinya menjadi seorang professional atau entrepreneur sukses dengan bisnis nya dan pastinya menjadi juara dalam konteks mencapai competitive advantage.

Kedua, sebagai seorang entrepreneur, saya juga berupaya untuk membangun bisnis yang memberikan kontribusi kepada masyarakat Kota bandung. BIsnis yang saya geluti berhubungan dengan pendidikan dengan membangun GIMB Foundation, program televise yaitu Nubiz di Bandung TV, Belajar bisnis atau Belbiz di Radio K-Lite, portal www.strategidanbisnis.com, kuliner, menulis artikel di www.juaranews.com, di Kora Bisnis Bandung dan menulus buku dengan harapan dapat memberikan value kepada anak muda  yang berbisnis dapat menjalankan bisnis mereka dengan baik untuk mencapai tujuan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Ketiga, dimanapun saya berada ketika memberikan sharing bisnis dengan berbagai perusahaan, selalu saya promosikan Kota Bandung tempat saya tinggal dan menjalankan usaha. Promosi yang sadar atau tidak sadar memberikan impresi kepada orang lain tentang kota Bandung dan juga sikap saya kepada mereka. Hal ini tentu akan memberikan kontribusi bagaimana mem-branding-kan Kota Bandung kepada banyak orang. Langkah ini bisa menjadi langkah strategis ditengah upaya Kang Emil untuk meningkatkan citra Kota Bandung kepada stakeholders, baik dalam maupun luar negeri.

Rasanya,  inilah jawaban atas pertanyaan apa yang sudah saya berikan kepada Kota Bandung dan semoga di ulang tahun Kota Bandung yang ke 2015 ini, dapat memberikan value kepada Kota Bandung pada umumnya dan pemerintah Kota Bandung pada khususnya untuk mencapai tujuan Bandung juara… selamat ulang tahun bagi Kota Bandung dan sukses untuk pemerintah dan warganya….. SALAM JUARA.


Meriza Hendri, founder STRABIZ Management Consulting, GIMB Foundation 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: