Kondisi ekonomi bangsa Indonesia yang memasuki fase  yang cukup kritis saat ini membuktkan bagaimana ketergantungan kepada model ekonomi yang berbasis kepada modal yang diberikan oleh para pengusaha itu kurang tepat dan sangat rentan dengan perubahan lingkungan, khususnya lingkungan ekonomi yang berhubungan dengan nilai tukar mata uang asing.

Jelas sekali bagaimana ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh ekonomi bangsa asing dan bila sedikit perubahan di luar negeri, akan berdampak juga kepada ekonomi mereka. Hal ini perlu dicermati dengan baik agar bangsa Indoneisa tidak melupakan suatu model pembangunan ekonomi yang sangat penting bagi bangsa ini. Muhammad Hatta sebagai penggagas koperasi memberiakn modal yang sangat baik.



Dalam model ini, bagaimana ekonomi itu dibangun dengan azas gotong royong dimana mereka bekerjasama untuk mengelola ekonomi antara sesame. Semuanya didasarkan kepada usaha bersama dan kontribusi juga secara bersama-sama. Hal ini penting untuk membangun ekonomi negara yang dimulai dari ekonomi setiap orang dalam negara ini.

Ekonomi yang menuju krisis ini diharapkan tidak akan semakin parah dan masih menyisahakan kesempatan untk perbaikan kedepannya. Modal dasar yang dimiliki adalah bagaimana sumber daya yang dimiliki oleh negara dan tinggal dikelola dengan baik untuk kepentingan bersama dengan memperhatikan kepentingan setiap anak bangsa yang berada di atas negara ini, baik untuk masa sekarang maupun yang akan datang.

oleh karena itu, sudah sewajarnya peemrintah dan seluruh stakeholders di negara ini mulai memperhatikan konsep koperasi dan mulai mendalami untuk dibuatkan sebuah badan hukum yang benar-benar dikelola dengan baik dan optimal. Stakeholders, mulai dari akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas, media dan bahkan perbankan perlu turun tangan untuk mendesain koperasi di Indonesia.

Disinilah pentingnya pemahaman yang benar terhadap koperasi dan membangun koperasi untuk arah yang jauh lebih baik. Gerakan untuk mempelajari koperasi, mencintai koperasi dan bahkan membangun koperasi sudah harus dikembangkan untuk membangun koperasi yang besar dan kokoh untuk menopang ekonomi negara ini.

Ketika niat sudah ditetapkan untuk membangun ekonomi bangsa dengan koperasi dan menggerakkan seluruh komponen negara untuk membangun koperasi Indonesia yang kuat, maka akan terciptalah koperasi Indonesia yang bisa berkontribusi kepada peningkatan ekonomi bangsa ini di seluruh sektor kehidupan akan kena dampak positifnya. Momentum ekonomi yang sedang slow down ini harus dimanfaatkan untuk mengembangkan kekuatan ekonomi bangsa melalui koperasi. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: