Sekali lagi, saya ditantang untuk membahas perbedaan atara seorang leader dengan seorang manajer yang pastinya dua konsep yang sudah terbiasa di benak banyak orang. Apalagi pada tingkat diri seorang entrepreneur yang harus menjalankan kedua peran ini dengan baik. Apabila gagal memahaminya, maka akan bedampak kepada bisnis para entrepreneur itu sendiri.

Jelas untuk membahas kedua konsep itu harus dilihat secara jelas dan hati-hati agar menemukan pemahaman yang baik dan tepat. Konsep leadership dengan managerial sangat berbeda dalam tataran aplikasinya. Artinya, entrepreneur dituntut untuk bisa menjelaskan dengan baik dan jelas kepada banyak orang yang memang memiliki target untuk sukses dalam bisnis.

Leadership memiliki konsep dasar bagaimana kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bisa mencapai tujuan secara efektif  dan efisien. Konsep ini sederhana dan tidak ada tool yang bisa memaksakan diri seorang untuk bisa memiliki pengaruh yang kuat dan menggerakkan banyak orang secara efektif dan efisien. Hmmmm…

Sumber-sumber pengaruh itu juga berbeda dengan manajer dimana pengaruh bisa dari pengalaman, pengetahuan, keahlian, mastery terhadap sebuah aktivitas atau pekerjaan. Jadi, orang bisa saja menjadi leader dalam komunitas yang mereka miliki. Jangan menunggu aspek legalitas karena akan tumbuh dengan sendirinya. Inilah yang harus dipahami oleh entrepreneur dengan baik dalam konteks leadership.

Berbeda dengan manajerial dimana kemampuan seseorang untuk bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien. Entrepreneur harus memiliki kemampuan bekerja dengan…. Artinya, tidak hanya berperan sebagai seorang boss yang melepaskan pekerjaan kepada anak buahnya, serta bekerja melalui dimana mereka harus bekerja melalui anak buahnya dengan bentuk delegasi.

Jelas sekali berbeda dengan setiap leaers dan asal nya juga dalam bentuk surat keputusan yang diberikan kepada setiap orang yang menjadi manajer. Surat keputusan atau SK tersebut menjadi dasar mereka menjadi manajer yang kuat dan efektif dalam menjalankan tugas untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Oleh karena itu, sudah seharusnya entrepreneur memahami kedua konsep ini dengan baik karena akan berhubungan dengan pekerjaan yang harus mereka lakukan, khususnya dalam menggerakkan setiap orang dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustanaibility serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Sudah saatnya entrepreneur fokus kedua konsep ini.  

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: