Dalam salah satu berita yang ditayangkan di televise swasta, dinyatakan bahwa kebakaran hutan yang terjadi di Pulan Sumatera sudah berdampak ke negara tetangga selain dirasakan oleh rakyat Indonesia sendiri. Kebakaran yang sudah berdampak kepada diri masyarakat dan juga ekonomi bangsa dimana banyak aktivitas bisnis yang terhenti karena asap.

Kesehatan masyarakat yang terkena dampak yaitu penyakit ISPA. Lalu, penerbangan pesawat yang terganggu. Langkah pemerintah yang sudah diambil adalah kepolisian menurunkan Bareskrim untuk menyelidiki kasus pembakaran hutan ini. selanjutnya, negara akan mengambil alih tanah dimana kawasan hutan yang dibakar tersebut dari para pengusaha. Hmmmmm…


Tentu bagi para entrepreneur hal ini perlu dicermati dengan baik karena inilah dampak sebuah keputusan yang dibuat oleh entrepreneur ketika mereka berbisnis dan berhubungan dengan alam dimana alam yang terdiri dari hutan itu memiliki aturan sendiri dan 75% kerusakan bumi ini disebabkan oleh korporasi atau perusahaan. salah satu bentuknya adalah pembakaran hutan yang dilakukan oleh pengusaha.

Sebagai seorang entrepreneur, memang tidak bisa dilepaskan dari konsep John Elkington dalam bukunya Cannibal with fork dimana setiap bisnis itu harus mencapai tujuan bisnis dengan konsep 3P yaitu profit, people dan planet. Ketiga tujuan ini harus dicapai agar perusahaan bisa mencapai growth. Tidak bisa dipisahkan ketiga konsep tersebut.

Tentu entrepreneur perlu mengambil pelajaran dari pembakaran lahan berupa hutan. Hal ini sudah menggambarkan bagaimana keputusan setiap entrepreneur dalam bisnis harus memperhatikan dampak dari keputusan karena jangan terjebak kepada output saja atau outcome dengan tujuan untuk mempercepat pembukaan lahan untuk digunakan sebagai lahan perkebunan. Keputusan ini menjadi blunder karena berdampak besar terhadap alam dan masyarakat.

Akibatnya, tentu masyarakat akan menuntut entrepreneur untuk ditutup karena entrepreneur tidak memperhatikan alam. Inilah yang dimaksud oleh John Elkington bahwa perusahaan itu harus bisa menjaga planet sebagai tempat dimana mereka menjalankan bisnis. Tempat dimana usaha itu kena pengaruh akibat operasional perusahaan. ketika entrepreneur bisa menjaga alam, bisnisnya akan bisa berjalan ditempat tersebut.

Lihat saja, dampak dari kegagalan entrepreneur dalam membuat keputusan untuk tidak merusak alam, mereka dituntut untuk menghentikan usaha dan bahkan berhubungan dengan polisi yang pada akhirnya lahannya diambl negara adalah contoh bagaimana mereka kena dampak dari keputusan yang tidak memperhatikan alam. Sudah saatnya entrepreneur fokus pada alam dalam menjalankan bisnis dengan tidak merusak alam dan bahkan menjaga kelestarian alam…. Bagaimana dengan anda? Masih mau merusak alam dalam bisnis? ……Hmmmm …..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: