Tadi malam, saya harus menyelesaikan sebuah pekerjaan yang diberikan oleh konsumen dengan harapan mereka maunya pekerjaan ini dapat berjalan dengan baik dan dikerjakan secara optimal. Tentu hal ini adalah sesuatu yang wajar karena setiap konsumen pasti berharap yang terbaik untuk kepentingan mereka sendiri, apalagi konteksnya adalah bisnis.

Setiap entrepreneur akan menghadapi hal yang sama dalam hal bagaimana mereka bisa memberikan sesuatu yang terbaik dan kalau bisa, dalam bentuk beyond expectation dari setiap konsumen. Dalam hal ini, produk, baik berupa barang ataupun jasa yang diberikan kepada konsumen melebihi apa yang mereka harapkan dan bayangkan. Hmmmm..




Rasanya, itu sangat ideal ya… ditengah sulitnya kondisi ekonomi yang harus dihadapi oleh setiap konsumen dalam bisnis. Kondisi yang sangat berat karena berhubungan dengan semakin besarnya beban ekonomi dalam proses produksi dan semakin menurunnya permintaan pasar terhadap produk mereka masing-masing. tentu hal ini menjadi tantangan para entrepreneur.

Akan tetapi, itulah pasar saat ini yang memiliki tuntutan yang tidak sedikit. Tuntutan dari pasar adalah bagaimana mereka bisa mendapatkan provider untuk produk mereka yang terbaik. Akan ada selalu perbandingan terlebih dahulu sebelum membeli.inilah kekuatan setiap konsumen saat ini ditengah tingkat persaingan yang semakin tinggi kepada para entrepreneur yang notabene adalah supplier bagi konsumen.

Oleh karena itu, sudah saatnya entrepreneur kembali kepada konsep dasar dalam bisnis yaitu bagaimana entrepreneur bisa memberikan value yang terbaik bagi setiap konsumen. Value yang terbaik dengan produk yang disesuaikan dengan need, want dan demand setiap konsumen yang sudah dipengaruhi oleh para pesaing dalam berbisnis. Fokus pada penawaran yang diberikan dan juga harus melebihi penawaran yang diberikan oleh para pesaing. Itu kuncinya.

Fokus lainnya adalah bagaimana entrepreneur saat ini mulai dituntut untuk bisa membuat proses bisnis internal dalam bisnisnya menjadi unggul. Keunggulan ini tercermin dari proses bisnis yang semakin pendek, semakin bisa memberikan value yang optimal bagi pembuatan produk yang berkualitas serta memuaskan pemegang saham

Last but not least, fokus yang berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus terus belajar, belajar dan belajar dalam bisnsi mereka. Belajar tentang bagaimana mereka bisa mendesain bisnis menjadi jauh lebih baik dari berbagai buku, majalah, tulisan dan artikel dari bisnsi yang relevan dengan bisnis para entrepreneur. menjadi seorang pembelajar adalah wajib hukumnya sehingga dappt meningkatkan knowledge, skill dan attitude para entrepreneur.

Fokus yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur melihat lingkungan bisnsi yang selalu berubah. Fokus dalam artian menjadi sensitive dengan setiap perubahan sehingga bisa diantisipasi setiap perubahan. Bahkan dari perubahan lingkungan akan ditemui peluang yang semakin besar untuk bisnis dandimanfaatkan untuk sebesar-besar kemaslahatan bisnis para entrepreneur dalam memberikan superior value bagi konsumen mereka.

So,sudah saatnya entrepreneur benar-benar fokus dalam menjalankan bisnis sehingga dapat memberikan yang terbaik kepada konsumen… SALAM JUARA


Meriza Hendri, founder STRABIZ Management Consulting, GIMB Foundation 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: