Beberapa hari ini, terjadi banyak sekali isu yang berkembang di masyarakat dimana aspek politik yang disebabkan oleh para pemimpin di negara ini. gaduh yang pastinya akan berdampak kepada para entrepreneur. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah, akan tetapi, terganggu oleh berbagai isu-isu tersebut, khhususnya yang berhubungan dengan policy atau kebijakan.
Lihat saja gaduh yang dilakukan oleh para menteri dengan sesame menteri dan wakil presiden menyangkut kebijakan yang berhubungan dengan listrik. Lihat saja bagaimana di berbagai media dibahas tentang perbedaan pendapat mereka dan seolah=olah mempertontonkan apa yang terjadi di antara mereka yang menjabat sebagai pemerintah di negaara ini.
Kalau dari sisi isu, bisa jadi ini bagus karena memperlihatkan bagaimana kondisi negara ini yang banyak sekali terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dimana terjadi grey area yang menyebabkan kerugian negara berupa korupsi. Akan tetapi, menjadi masalah ketika dibawa ke ranah public yang bisa diketahui oleh banyak orang dan setiap orang memberikan pendapat masing-masing.
Gaduh yang terjadi di kepolisian yang menyebabkan setiap orang berfikiran yang sama tentang pergantian posisi. Belum lagi di Dewan Perwakilan Rakyat dimana para anggota dewan yang terhormat melakukan kegiatan yang merugikan mereka dengan berkunjung ke Amerika serikat dengan menghabiskan uang yang tidak sedikit. Bahkan miliaran rupiah.
Belum lagi tindakan mereka yang bertemu dengan Donald Trumps yang berdampak kepada image para wakil rakyat dimata stakeholders. Mereka seakan-akan "melupakan" rakyat yang mendukung mereka untuk mengelola negara ini. tidak sampai disitu saja, permasalahan yang terjadi di lembaga peradilan dimana korupsi yang terjadi diantara mereka dengan kebijakan yang tidak berpihak pada keadilan.
Inilah yang terjadi saat ini. gaduh yang membuat setiap orang memberikan pendapat yang berbeda-beda dan membuat orang jadi khawatir dengan negara ini. boro-boro untuk berinvestasi saat ini, lebih baik wait and see saja karena khawatir akan berdampak kepada investasi yang mereka lakukan. Bahkan ini sudah sampai kepada pemikiran setiap entrepreneur muda yang berbisnis dengan skalam mikro, kecil, menengah dan besar.
Tentu hal ini tidak boleh terjadi berlama-lama karena akan berdampak kepada ekonomi saat ini dan jangka panjang. Entrepreneur perlu kembali kepada konsep diri sebagai seorang yang fokus kepada bisnis mereka dan terus memperhatikan dampak gejolak ini pada bisnis mereka masing-msaing sehingga membuat kebijakan yang mengamankan bisnis itu sendiri……
 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: