Tak terasa, kondisi ekonomi Indonesia belum menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dan bahkan ada kecenderungan akan terus merosot. Dolar sudah mencapai Rp. 14.666 pada hari Senin, 7 september 2015 dan pastinya akan berdampak besar untuk para pelaku bisnis. Tantangan beberapa bulan lagi akan semakin terasa dengan akan diberlakukannya pasar bebas ASEAN tanggal 31 Desember 2015.

Hal ini merupakan sebuah tantangan bagi para entrepreneur yang sangat berat. Tantangan yang jelas-jelas nyata dalam kehidupan mereka dalam berbisnis. Disinilah tantangan yang harus dihadapi dan bahkan dirubah menjadi sebuah peluang bisnis untuk membuat bisnis mereka semakin kreatif dan inovatif dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Karakteristik sebagai generasi kreatif dan inovatif semakin terasa dimana setiap entrepreneur dituntut untuk mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan menemukan peluang bagi dari masalah tersebut. Kreativitas yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, proses bisnis dan sumber daya manusia yang terlibat dalam perusahaan dalam rangka mencapai tujuan mereka masing-masing.

Inovasi untuk mendapatkan ide-ide yang dapat diterima oleh pasar dimana pasarlah yang akan membeli produk yang mereka tawarkan kepada pasar. Pasar yang menjadi core setiap bisnis para entrepreneur dalam berbisnis. Disinilah tantangan setiap entrepreneur untuk menjadi seorang entrepreneur sejati atau tidak, atau sebaliknya, hanya menjadi entrepreneur dengan dasar ikut-ikutan saja.

Oleh karena itu, kreativitas dan inovasi harus menjadi perhatian setiap entrepreneur. perhatian untuk dikembangkan menjadi sebuah pengetahuan, keterampilan, fasih dalam berkreativitas, ahli dan bahkan harus menjadi master untuk setiap hal yang dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka untuk menggapai kesuksesan. Tidak boleh mereka hanya terjebak kepada kreativitas dan inovasi yang biasa saja.

Mumpung dengan kondisi ekonomi dan politik yang kurang menguntungkan seperti ini, seorang entrepreneur perlu memanfaatkan "momentum" untuk berbenah diri dengan mempelajari setiap perubahan lingkungan dan menganalisis setiap perubahan lingkungan berupa dampak yang ditimbulkan bagi bisnis. Dampak yang pastinya akan berhubungan dengan kekuatan atau kelemahan serta peluang dan ancaman  bisnis mereka.

Untuk itu, kemampuan berfikir terus diasah dengan mengikuti beberapa kegiatan sharing bisnis, dikusi bisnis, coaching clinics, seminar, pelatihan yang diadakan oleh pemerintah, akademisi, pelaku usaha, komunitas bisnis, perbankan dan lain-lain merupakan peluang yang harus dilihat sebagai sebuah modal sosial atau social capital untuk setiap bisnis mereka. …. Bagaimana dengan anda? Hmmmm……..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: