Beberapa hari ini, saya melihat seringkali entrepreneur gagal dalam membuat keputusan  yang berhubungan dengan bisnis ataupun keputusan yang berhubungan dengan diri mereka sendiri. Hal ini terlihat pada bagaimana situasi yang menuntut mereka untuk membuat keputusan dan bagaimana keputusan itu harus dijalankan untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Hal ini wajar karena keputusan itu bukanlah sesuatu yang mudah dan gampang karena berhubungan dengan dua hal yang mendasar dalam diri setiap entrepreneur  yaitu bagaimana keputusan itu berhubungan dengan mind atau fikiran para entrepreneur dan juga soul atau spirit mereka. Hmm.. bagaimana hubungan kedua konsep ini dalam bisnis?



Tentu setiap entrepeneur kudu paham dengan baik karena akan menentukan bagaimana bisnis itu nantinya yang sangat dipengaruhi oleh keputusan yang dibuat. Mind atau fikiran akan menentukan setiap keputusan dalam artian bagaimana entrepreneur bisa memiliki fikiran yang benar dan tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah. Mind itu akan berhubungan dengan bagaimana logika mereka dalam membuat keputusan.

Tentu setiap keputusan itu kalau menggunakan logika, akan disesuaikan dengan bagaimana mereka melewati beberapa tahap dalam keputusan yaitu problem identification, search for alternative, alternative evaluation, decide, implement dan juga evaluation. Semua tahap berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus membuat sebuah keputusan berdasarkan logika yang mereka miliki dan bisa diterima umum.

Akan tetapi, hal ini saja tidak cukup karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bisa membuat sebuah dukungan soul atau spirit yang tepat untuk memutuskan dan bahkan menjalankan setiap keputusan yang ada. Soul ini akan berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mampu membuat emosi mereka untuk membuat keputusan dengan baik sehingga memberikan value untuk diri mereka.

Salah satu emosi yang relevan dengan ini adalah keberanian setiap enterpreneru dalam menjalankan keputusan. Keberanian ini seringkali di challenge oleh keadaan yang akan berpengaruh kepada diri mereka dalam membuat keputusan dan juga menjalankannya. Berat memang, akan tetapi, ini beban  yang paling menantang bagi setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya para entrepreneur mendapatkan reward yang jelas dan tegas atas ap ayang mereka lakukan dalam setiap keputusan dimana menggabungkan antara mind dan juga soul dalam diri mereka agar keputusan tersebut bisa benar dan memberikan value bagi penyelesaian masalah yang dihadapi oleh entrepreneur dalam setiap aktivitas bisnis yang mereka jalankan. 

TUlisan ada di www.gimbers.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: