Tidak mudah menjadi seorang entrepreneur yang dituntut untuk bisa membuat keputusan setiap saat dan bahkan harus bisa memberikan kontribusi yang optimal kepada para stakeholders, termasuk konsumen, pesaing, karyawan, supplier dan pemerintah. Oleh karena itu, pertanyaannya berhubungan dengan bagaimana keputusan yang dibuat harus bisa memiliki dampak yang positif kepada setiap entrepreneur.

Setiap keputusan yang dibuat oleh entrepreneur, harus bisa berkontribusi kepada stakeholders. Keputusannya adalah….. artinya apa yang dibuat oleh entrepreneur harus berfikir sampai kepada impact atau dampak dari keputusan selain outcome dan juga output. Tidak bisa dihindari bagaimana entrepreneur harus berfikir sampai kepada impact, khususnya impact yang bersifat positif.



Impact itu memiliki beberapa karakter yaitu bagaimana sifatnya jangka panjang. Minimal bisa dipenuhi dalam beberapa tahun, dan biasanya 10 tahun yang akan datang. Tidak bisa dipungkiri ketika bicara 10 tahun menuntut keputusan tersebut bisa dirasakan oleh beberapa generasi yang dilihat pada aspek sejauh mana keputusan tersebut bisa dijalankan oleh para anggota ataupun stakeholders.

Oleh karena itu, setiap entrepreneur dituntut untuk bisa menganalisis dampak setiap keputusan mereka. Analisis yang mendalam tentang dampak itu akan sangat penting dan butuh waktu yang tidak sebentar. Inilah yang paling penting dan bersifat stratejik. Dampak stratejik ini harus dilihat pada aspek lingkungan internal dan eksternal dan kemudian pada aspek keuangan, pemasaran, operasi dan juga sumber daya manusia. 

Aspek-aspek ini menjadi penting karena berhubungan dengan bagaimana proses bisnis yang ada dalam perusahaan tersebut. Apabila tidak singkron dengan apa yang ada dalam perusahaan, sehingga membuat keputusan benar-benar memberikan value yang optimal dalam konteks memberikan impact yang positif.

Inilah yang menjadi tantangan entrepreneur dalam mengembangkan keputusan yang mereka buat. Keputusan yang paling tidak, bisa memberikan value yang optimal sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Inilah yang menjadi acuan dari keputusan yang dibuat oleh setiap entrepreneur.


Oleh karena itu, sudah saatnya entrepreneur fokus kepada proses membuat keputusan dalam konteks bagaimana dampak setiap keputusan yang dibuat sehingga akan memberikan kontribusi kepada bisnis jangka panjang. Sudah waktunya fokus pada membuat keputusan dengan tepat dengan memperhatikan impact yang intinya memberikan kontribusi positif kepada pencapain tujuan perusahaan tersebut. Soo..harus memikirkan keputusannya adalah……
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: