Ekonomi yang tidak stabil ini dan belum terlihat tanda-tanda perbaikan yang signifikan dan pengaruhnya bagi para entrepenuer semakin besar. Setiap hari ada saja entrepreneur yang memberikan sharing bagaimana kondisi bisnis mereka kalau ini terjadi terus-terusan yang menggerus laba dan bahkanuntuk bertahan bisnis saja sudah sangat berat dalam kondisi seperti ini.

Perlu disadari oleh para entrepreneur bahwa kondisi ini tidak hanya dihadapi oleh satu negara saja, akan tetapi banyak negara yang mengalaminya. Semuanya merasakan dampak ekonomi global yang mengalami slowdown. Bahkan Direktur IMF yang berkunjung kemaren ke Jakarta, bertemu Presiden Jokowi juga mennyatakan bagaimana kondisi ekonomi global dan Indonesia diprediksi menjadi salah satu negara yang bisa cepat keluar dari kondisi ini.



Terlepas apapun pendapat dari pihak lain, yang penting adalah bagaimana kondisi ekonomi ini tidak merembet keberbagai sektor bisnis negara ini. tidak boleh semakin parah karena itu akan membuat ekonomi semakin sulit bagi rakyat dan para entrepreneur pada khususnya.

Salah satu pilihan yang bisa digantungkan adalah kepada pemerintah. PEmerintah sebagai pihak  yang bertanggungjawab atas kondisi ekonomi negara ini dan juga membuat para Entrepreneur bisa bertahan dan bahkan terus meningkatkan kondisi ekonomi mereka saat ini dan yang akan datang. Bahkan satu-satunya pihak yang bertanggungjawab adalah pemerintah. Bagaimana caranya? Hmmmmm…

Inilah yang selalu diharapkan oleh para pelaku usaha bagaimana pemerintah bisa mengeluarkan stimulus untuk membantu para entrepreneur yang berbasis pada bisnis skala UMKM. Kebijakan-kebijakan dan program-program yang dapat meringankan beban para entreprenru dan sekaligus membukakan peluang untuk dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan kesempatan meraiih berbagai peluang untuk mengembangkan bisnis mereka seperti pameran, trade matching dan lain-lain.

Disinilah kreativitas dan inov asi yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada bagi mereka. Kreativitas yang melihat sejauh mana kesempatan itu dapat memberikan value bagi bisnis masing-masing sehingga dapat menggerakkan kegiatan bisnis mereka masing-masing. tidak bisa dipungkiri bagaimana entrepreneur butuh kesempatan tersebut.

Sekarang kalau sudah ada, seperti program Wirausaha Baru Jawa Barat (WUB) Jabar, sudah saatnya entrepreneur sadar dengan peluang ini dan harus memanfaatkannya saat ini juga. Jangan melihat ini akan lama karena kesempatan itu begitu cepat dan sudah sejatinya para entrepreneur bisa memanfaatkan setiap peluang dari WUB ini untuk menjadi besar. ….bagaimana dengan anda? Hmmm….






Share To:

meriza hendri

Post A Comment: