Tantangan para entrepreneur saat ini dalam lingkungan bisnis yang terus berubah dan tidak pasti adalah bagaimana membuat bisnisnya tetap berjalan dan menghasilkan apa yang diharapkan oleh entrepreneur itu sendiri berupa profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Akan tetapi, kondisi ekonomi keliatannya belum juga membaik dan bahkan pemerintah sedang menyusun dan bahkan mempercepat pemberlakuan paket ekonomi jilid dua agar bisa berkontribusi positif terhadap kegiatan bisnis para entrepreneur. tentu hal ini sangat ditunggu oleh para entrepreneur karena paket ekonomi jilid satu belum terlihat dampaknya secara langsung kepada para entrepreneur.



Sebagai seorang entrepreneur, tentu setiap ada kebijakan pemerintah, merupakan sebuah peluang dan bahkan ancaman sehingga perlu dianalisis secara mendalam. Pemerintah adalah bagian dari lingkugan politik yang harus dianalisis secara terus menerus oleh para entrepreneur sehingga bisa diukur setiap dampaknya dan bahkan bisa diantisipasi kalau adai peluang atau ancaman yang akan dirasakan oleh bisnis.

Disinilah entrepreneur harus berperilaku sebagai seorang ahli strategi bagi bisnis mereka sehingga tetap bisa mencapai tujuan ditengah perubahan lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti, tidak bisa dikontrol, dan mengalami turbulensi. Perubahan yang harus bisa dilihat sebagai sebuah fakta yang tidak bisa ditolak oleh entrepreneur dalam berbisnis.

Menjadi ahli strategi adalah bagaimana entrepreneur bisa menganalisis setiap perubahan lingkungan bisnis dengan tepat karena itu akan berdampak kepada pencapaian tujuan mereka. Salah satu strategi yang bisa dimanfaatkan oleh entrepreneur adalah memanfaatkan setiap program yang dibuat oleh pemerintah yang berhubungan dengan ekonomi pada umumnya dan bisnis entreprepeneur pada khususnya.

Fokus setiap entrepreneur dalam memanfaatkan peluang dari pemerintah akan menjadi dasar yang kuat untuk menjalankan bisnis. Tidak berfikir kemana-mana, akan tetapi, bagaimana entrepreneur fokus kepada program pemerintah. Di provinsi Jawa Barat, pemerintahnya fokus kepada pengembangan entrepreneurship dengan program 100.000 Wirausaha Baru Jawa Barat. Ini adalah sebuah peluang ditengah tingginya ketidakpastian lingkungan bisnis.

Semuanya harus dimanfaatkan dengan baik untuk bisa membuat entrepreneur dapat menjalankan bisnis. Inilah bentuk social capital dan akan sangat besar pengaruhnya kepada bisnis para entrepreneur. tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini adalah sebuah modal ditengah ketidakpastian lingkungan bisnis. So, mari manfaatkan lagi program pemerintah untuk para entrepreneur…. hmmm.. bagaimana dengan anda?  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: