Nilai perusahaan atau yang seringkali disebut sebagai corporate cultures berhubungan dengan bagaimana nilai-nilai perusahaan itu melekat kepada setiap orang dalam perusahaan, mulai dari pemiliki perusahaan, manajemen sampai karyawan. Semuanya harus benar-benar menjalankan apa yang sudah ditetapkan sebagai sebuah nilai perusahaan ketika mereka ingin mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Hmmm…

Bicara tentang nilai perusahaan akan sangat penting ketika entrepreneur mampu membuat nilai perusahaan yang berasal dari setiap owner dan karyawan serta manajemen perusahaan. Setiap orang memiliki nilai dalam diri mereka masing-masing. nilai  yang sudah ada dan dibangun dari keluarga dan bahkan dari setiap lingkungan sosial dimana mereka tinggal. Mereka tidak bisa meninggalkan lingkungan sosial tempat tinggal tersebut.



Oleh karena itu, sudah sejatinya entrepreneur untuk terus menggali nilai-nilai pribadi yang melekat pada diri owner, management dan karyawan. Kemudian diarahkan kedalam sebuah nilai-nilai yang menjadi core values di perusahaan setiap entrepreneur yang akan menjadi pegagangan setiap entrepreneur dalam berbisnis. Kunci sebuah budaya perusahaan yang kuat adalah budaya perusahaan dibangun dari setiap orang yang ada dalam perusahaan.

Oleh karena itu, sudah saatnya entrepreneur memperkuat nilai-nilai perusahaan dengan basis nilai-nilai yang ada dalam diri setiap orang dalam perusahaan. ketika ini sudah terjadi, entrepreneur dituntut untuk bisa menjalankan budaya itu sendiri. Hal ini terjadi dengan sendirinya ketika setiap orang dalam perusahaan, khususnya owner mampu menunjukkan bagaimana contoh yang sejatinya harus dilakukan oleh entrepreneur kepada para karyawan atau team member mereka.

Leading by example dalam menerapkan corporate values oleh para owner dan juga manajemen untuk bisa menjalankan values ini. jalankan values itu secara keseluruhan dengan totalitas yang bisa dilihat, didengar dan dirasakan oleh karyawan.

Ketika setiap orang dalam perusahaan mampu menjalankan nilai perusahaan dengan baik dan tepat, maka akan tercipta nilai perusahaan yang kuat dan akan memberikan value yang kuat bagi entrepreneur dalam mencapai tujuan perusahaan. bahkan saat ini strategi perusahaan menjadi penting untuk fokus kepada pengembangan budaya perusahaan.


Strategi perusahaan sudah saatnya fokus kepada bagaimana menciptakan nilai perusahaan yang kuat dan juga menjalankannya dalam setiap aktivitas bisnis yang mereka jalankan di perusahaan. bahkan yang mengikat manajemen dan karyawan dalam menjalankan perusahaan untuk mencapai tujuan, yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: