Kondisi ekonomi yang masih belum membaik ini, disikapi oleh banyak pihak untuk bisa memberikan value yang optimal dan bahkan tidak memberikan dampak negative kepada para entrepreneur. Berbagai strategi diterapkan oleh entrepreneur yang pastinya diharapkan bisa tetap mempertahankan bisnis mereka agar berjalan dengan baik dan bahkan bisa mencapai competitive advantage atau keunggulan bersaing.
Tentu ini adalah sebuah hal yang wajib dilakukan ketika entrepreneur dihadapkan pada pilihan yang tidak banyak, khususnya berhubungan dengan ekonomi yang menjadi salah satu lingkungan eksternal yang berpengaruh kepada bisnis itu sendiri, baik peluang ataupun ancaman. Kedua aspek ini datang silih berganti dan bisa saja pada waktu bersamaan.
Kemaren, pemerintah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi tahap pertama dengan tujuan untuk membantu pelaku usaha, termasuk entrepreneur dalam berbisnis. Beberapa paket ekonomi tahap pertama yang dikeluarkan pemerintah adalah meningkatkan daya saing industri nasional. Kedua, mempercepat proyek strategis nasional dan ketiga yaitu meningkatkan investasi di sektor properti di Indonesia.
Tentu kebijakan ini tidak akan memberikan dampak yang signfikan kepada para entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, entrepreneur perlu kembali mendalami business process yang ada dalam bisnis mereka masing-masing. artinya, setiap entrepreneur diharapkan memahami dan mendalami setiap bagian dan setiap aktivitas yang ada dalam perusahaan itu sendiri dalam menghasilkan value kepada setiap konsumen.
Bagaimana konsep supplier – input – process – output dan consumer yang harus dipahami dengan baik dan dianalisis berbagai pihak yang terlibat pada setiap tahapan ini. disinilah entrepreneur bisa menghubungkan berbagai kebijakan yang diberikan pemerintah kemaren. Sebagai contoh kebijakan untuk meningkatkan daya saing industri nasional. Dalam hal ini, pemerintah sebagai bagian dari stakeholders bagi pebisnis entrepreneur.
Selanjutnya, entrepreneur menganalisis paket kebijakan itu dengan baik agar terlihbat berbagai turunan dari kebijakan dan bisa memanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Hati-hati juga dengan konsep kebijakan ini karena bisa jadi akan menjadi sebuah peluang dan bisa juga menjadi ancaman ketika entrepreneur mendalami setiap kebijakan tersebut.
So….. sudah saatnya entrepreneur membaca kembali setiap kebijakan pemerintah yang dikeluarkan dan berhubungan dengan ekonomi serta mendalami proses bisnis yang ada didalam perusahaan mereka sehingga akan tercermin keterhubungan atau interrelationship antara bisnsi mereka dengan kebijakan peemrintah sehingga dapat diambil manfaat atas setiap kebijakan dari pemerintah.. hmmm.. bagaimana dengan anda? 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: