Dalam sebuah diskusi tentang bagaimana sebaiknya seorang entrepreneur dalam menjalankan sebuah keputusan bisnis, tercantum sebuah hal yang mendasar dan berhubungan dengan bagaimana komunikasi yang dijalankan oleh setiap entrepreneur atas keputusan. Pertanyaannya menjadi sangat penting untuk menggapai kesuksesan jalannya keputusan.

Komunikasi yang dijalankan oleh setiap entrepreneur menjadi kunci sukses bagi entrepreneur menggapai tujuan. Komunikasi harus menjadi keterampilan dasar yang harus dimiliki dan membuat komunikasi sebagai keterampilan yang sangat penting untuk mencapai sukses. Dalam konteks komunikasi, perlu diperhatikan beberapa hal yang sangat penting bagi entrepreneur.


Salah satu aspek penting dalam komunikasi adalah bagaimana sikap setiap entrepreneur dalam melakukan komunikasi. Sikap seorang entrepreneur dalam berkomunikasi menjadi kunci keberhasilan entrepreneur dalam berkomunikasi. Pesan dalam komunikasi penting, karena akan berhubungan dengan bagaimana pikiran entrepreneur bisa sampaikan kepada stakeholders. Pesan ini harus diikuti oleh sikap yang ada dalam diri entrepreneur juga.

Bicara tentang sikap adalah berhubungan dengan bagaimana seseorang seseorang merespon apa yang datang kepada mereka. Respon positif atas apa yang datang kepada mereka tentang hal yang dibahas dalam pesan komunikasi. Dalam proses komunikasi, entrepreneur harus bisa melihat apa yang terjadi dengan receiver pesan mereka dimana mata, telingat, rasa, cicip dan smell menjadi alat yang bisa digunakan untuk melihat respon yang diberikan oleh receiver.

Disinilah entrepreneur perlu menyadari tentang apa yang harus dipersiapkan untuk sukses dalam berkomunikasi dengan memperhatikan apa saja yang datang kepada mereka melalui panca indera. Konteksnya adalah bagaimana sejatinya setiap entrepreneur bisa sensitive dengan apa yang terjadi dalam setiap aspek yang diperlihatkan oleh receiver.

Setelah itu, entrepreneur menganalisis bentuk respon apa yang akan  diberikan kepada receiver. Respon ini juga bisa dalam bentuk keputusan yang diberikan oleh entrepreneur selama melakukan komunikasi tersebut. Keputusan yang harus dibuat secara cepat dan berkontribusi kepada bagaimana image yang ada di benak receiver. Oleh karena itu, entrepreneur perlu memperkuat atau meningkatkan keterampilan dalam membuat keputusan dalam konteks komunikasi dalam waktu yang singkat.


Oleh karena, sudah sejatinya entrepreneur fokus dalam meningkatkan attitude mereka dalam berkomunikasi sehingga dapat mempengaruhi setiap orang yang notabene adalah receiver. Setelah analisis dilakukan, keputusan dibuat, maka entrepreneur menampilkan behavior atau perilaku mereka dalam berkomunikasi. Sudah saatnya entrepreneur mengetahui teknik komunikasi kepada orang dewasa, sesama usia, ke yang lebih muda… 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: