Kemaren, saya berdiskusi dengan beberapa binaan yang menjadi pihak yang saya harapkan bisa menjadi entrepreneur sukses. Salah satu aspek yang menjadi bahasan kemaren adalah bagaimana kepemimpinan yang dibutuhkan ketika seorang entrepreneur dituntut untuk aktif dalam sebuah organisasi dan berhubungan dengan mengoptimasi program yang dilihat dalam konteks social capital atau modal sosial. Hal ini tentu menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam berbisnis untuk menghadapi tantangan yang mereka temui ketika banyak sekali kekurangan yang ada dalam bisnis tersebut.

Salah satu aspek yang penting dalam mengelola kepempinan dalam organisasi adalah bagaimana mereka tetap mempertahankan pengaruh dirinya dalam organisasi dengan tetap memperhatikan setiap keputusan yang dibuat oleh entrepreneur. memang tantangan yang cukup besar adalah keterbatasan dalam hal modal, pengetahuan, keterampilan yang dibutuhkan oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Modal sosial menjadi salah satu alternative penting bagi entrepreneur untuk menggapai sukses.


Dengan aktivitas  yang ada dalam organisasi sosial, maka menjadi penting bagi entrepreneur untuk mengoptimasi setiap peluang yang ada bagi bisnis mereka. Jangan sampai organisasi tidak memberikan dampak kepada mereka sehingga menjadi sia-sia dalam berorganisasi. Tidak boleh entrepreneur melakukan hal ini karena wasting time.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu meningkatkan pengaruh mereka dalam organisasi tersebut dengan menjadi seorang leader atau pemimpin. Sudah sejatinya entrepreneur meningkatkan pengaruh dalam diri dan organisasi agar terlihat pengaruh mereka oleh anggota lainnya. Dalam hal ini, entrepreneur perlu membuat pemahaman dalam diri mereka bahwa dengan meningkatkan pengaruh tersebut akan berkorelasi positif dengan kepemimpinan mereka dalam organisasi.

Ingat, hakekat leadership adalah pengaruh yang ada dalam diri mereka dan orang lain terpengaruh untuk bergerak mengikuti mereka. Pengaruh inilah yang menjadi kunci untuk setiap orang bisa memanfaatkan peluang yang ada di setiap organisasi dan bahkan mampu membuat ancaman yang datang kepada mereka menjadi minim. Harus dipahami ini adalah manfaat dari setiap leadership yang kuat bagi para entrepreneur. hakekat ini penting untuk dijadikan fondasi bagi setiap entrepreneur.

Sudah saatnya entrepreneur fokus pada peningkatkan leadership mereka dalam setiap organisasi agar bisa memberikan value yang optimal bagi diri dan organisasi atau perusahaan mereka. Pengaruh yang kuat bisa memberikan manfaat luar biasa untuk entrepreneur… mari tingkatkan pengaruh tersebut secara terus menerus sampai para entrepreneur sukses dalam bisnis tersebut.  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: