Menjadi entrepreneur tidak hanya memikirkan diri sendiri, …. Itu adalah salah satu manfaat  dari seorang entrepreneur dan bahkan pada akhirnya menjadi sebuah menjadi tanggung jawab mereka ketika ada karyawan yang menghadapi masalah. Apalagi pada kondisi saat ini dimana terjadi hal yang tidak menguntungkan bagi para entrepreneur.

Kondisi ekonomi yang semakin berat adalah tantangan dan bahkan ancaman yang harus dihadapi oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Tantangan yang pastinya akan berdampak kepada bisnis itu sendiri, baik dalam jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang. Setiap orang pasti akan berfikir keras untuk bisa melewati masa-masa paling berat ini dalam berbisnis.

Disinilah kreativitas dan inovasi setiap entrepeneur diuji, bagaimana mereka menemukan ide-ide yang dapat memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi dan bahkan menemukan peluang baru dari masalah tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah itu akan selalu datang dan ide-ide baru untuk menyelesaikan masalah itu menjadi sangat penting. Lalu, ide-ide itu harus bisa diterima pasar dalam konteks inovasi.



Menghadapi kondisi ekonomi seperti ini, entrepreneur harus bisa membereskan kembali model bisnis mereka dan juga proses bisnis yang harus dilihat secara keseluruhan. Konsep bisnis mulai dari supplier, input, process, output dan consumer menjadi langkah-langkah yang harus dianalisis dengan baik. Tidak ada pengecualian disana.

Perbaikan dan ide-ide yang berhubungan dengan membeli bahan baku dari supplier dimana mencari supplier yang lebih murah dan produknya berkualitas, membeli sesuai dengan konsep just in time, lalu ada konsep hantaran produk dari supplier ke pada perusahaan, kemudian sistem warehouse yang baik, proses bisnsi dengan tidak ada kesalahan adalah beberapa contoh yang bisa dilakukan oleh para entrepreneur dalam berbisnis.

Ini adalah bentuk langkah strategis yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dalam memperbaiki proses bisnisnya agar bisa bertahan dalam kondisi seperti ini. jadi, pilihan untuk memberhentikan karyawan adalah pilihan terakhir dan pilihan yang paling pahit yang harus diambil oleh setiap entrepreneur. mereka tidak hanya mencari selamat atas usaha sendiri.

Oleh karena itu, sudah sejatinya setiap entrepreneur melakukan langkah-langkah strategis dulu dengan menganalisis proses bisnisnya dan memperbaiki proses bisnis tersbut sehingga bisa dilakukan tindakan antisipatif terhadap kondisi ekonomi saat ini. jangan langsung memberhentikan karyawan, ajak mereka diskusi tentang kondisi perusahaan, insya Allah mereka akan memberikan pemikiran yang konstruktif… bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: