Rasanya, kalimat ini sudah seringkali didengar oleh para entrepreneur, khususnya dalam berbagai pelatihan yang berhubungan dengan motivasi diri dan pengembangan bisnis para entrepreneur.

Memang menjadi seorang entrepreneur itu bukanlah pekerjaan yang mudah dimana entrepreneur dituntut untuk bisa mengelola diri mereka sendiri terlebih dahulu. hal ini dikarenakan oleh faktor utama yang mempengaruhi setiap entrepreneur dalam menggapai kesuksesan bisnis adalah sejauh mana mereka mampu mengelola diri terlebih dahulu. 



hal ini dapat dilihat dari bagaimana setiap entrepreneur mampu menetapkan tujuan diri setelah melakukan analisis terhadap diri. analisis yang berhubungan dengan kekuatan dan kelamahan yang dimiliki sehingga secara objektif, akan diketahui kemampuan dirinya. 

Tujuan diri akan menentukan arah yang hendak dicapai oleh para entrepreneur. arah yang akan menjadi pegangan setiap entrepreneur dalam menjalankan setiap aktivitas mereka. disinilah akan teruji mental setiap entrepreneur dalam berbisnis. mereka membutuhkan sebuah pegangan untuk mengembangkan bisnis. 

tujuan yang jelas, harus diturunkan dalam bentuk pengorganisasian sumber daya yang mereka miliki masing-masing, khususnya yang berhubungan dengan waktu, uang, sumber daya fikiran dan lain-lain. Kondisi ini harus dilakukan agar pembagian sumber daya menjadi optimal. 

Barulah setelah itu diijalankan rencana dengan memperhatikan aspek-aspek yang berhubungan dengan bagaimana leadership, decision making, communication serta motivasi yang dibutuhkan oleh diri sendiri dan juga orang lain yang dalam hal ini adalah tim mereka. 

oleh karena itu, sudah sejatinya entrepreneur meningkatkan kemampuan tersebut yang nantinya dievaluasi dengan baik. so.. mari tingkatkan self management..
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: