Pengorbanan para entrepreneur yang merayakan hari raya Idul Adha pada tanggal 24 September 2015 ataupun yang juga telah merayakan pada tanggal 23 September 2015 dan dilanjutkan dengan tiga hari setelah itu, adalah momentum untuk menunjukkan bagaimana setiap entrepreneur diharapkan mampu berkorban untuk orang lain. Pengorbanan dalam bentuk entrepreneur muda muslim yang menyerahkan sebagian hartanya, baik dalam bentuk domba ataupun sapi.

Menjadi seorang entrepreneur muslim yang diberi kesempatan untuk memberikan pengorbanan dalam bentuk domba ataupun sapi kepada masyarakat yang ada di lingkungan mereka masing-masing. Pengorbanan yang pastinya menjadi salah satu kesempatan untuk berbagi kepada orang lain, khususnya masyarakat. Tentu hal ini perlu dilihat secara objektif tentang apa yang bisa diambil pelajaran atas pengorbanan ini.

Konsep dasar yang pastinya dapat diambil yang sudah umum dikenal oleh banyak orang adalah bagaimana entrepreneur harus bisa mencapai tujuan perusahaan selain profit dan planet yaitu dalam bentuk people. People yang dimaksud adalah setiap orang di dalam ataupun di luar perusahaan yang mempengaruhi ataupun terpengaruh oleh setiap aktivitas bisnis para entrepreneur yang seringkali disebut dengan konsep stakeholders. Mereka penting bagi para entrepreneur untuk membuat bisnis mereka menjadi tumbuh dan berkembang.

People ini diharapkan mendapatkan benefit atas keberadaan bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. mereka tidak hanya melihat atau mendengar apa yang dilakukan oleh para entrepreneur apalagi hanya melihat atau mendengar keberhasilan setiap entrepreneur yang diperlihatkan pada bagaimana entrepreneur mencapai tujuan bisnis mereka dan diperlihatkan dengan penampilan dalam keseharian mereka.

Hal ini perlu dilihat secara objektif dimana akan tidak fair kalau melihat entrepreneur sukses sementara masyarakat disekitar perusahaan tidak mendapatkan manfaat. Tentu pemberian dalam bentuk pengorbanan pada hari raya idhul adha ini bukanlah satu-satunya pemberlian yang diberikan kepada masyarakat. Bisa dalam bentuk sedekah, zakat, ataupun yang lainnya.

Akan tetapi, akan sangat berbeda apabila pengorbanan dalam bentuk domba atau sapi yang diberikan kepada masyarakat. Ada sebuah kenikmatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat ketika domba atau sapi yang diberikan tersebut bisa dinikmati sendiri ataupun secara keluarga mereka. Keberadaan entrepreneur dirasakan sangat memberikan manfaat kepada para masyarakat.

Oleh karena itu, semangat pengorbanan yang melekat pada perayaan idul adha ini adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk dimanfaatkan agar bisa berkontribusi kepada masyarakat yang pastinya bisa terpengaruh kepada setiap aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Insya Allah, masyarakat akan terus mendoakan entrepreneur agar bisnis mereka dapat berjalan dan tumbuh serta berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Selain itu, dalam waktu pendek, masyarakat akan selalu mendukung kegiatan bisnis yang dijalankan para entrepreneur. dukungan ini bisa menjadi sebuah asset atau modal bagi para entrepreneur yang biasa disebut sebagai social capital dalam rangka pencapaian tujuan. Penting bagi entrepreneur dalam menjalankan bisnis dalam memanfaatkan social capital.

Bahkan entrepreneur akan mendapatkan bantuan dari masyarakat ketika ada sebuah kondisi yang memaksa entrepreneur harus berusaha ditengah ancaman yang dihadapi mereka. Ancaman yang bisa berasal dari lingkungan itu sendiri dan pastinya masyarakat yang mendapatkan manfaat dari entrepeneru akan berkorban untuk entrepreneur itu sendiri. Inilah beberapa manfaat yang dirasakan oleh para entrepreneur dan sejatinya, momentum hari raya Idul Adha ini menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi entrepreneur muslim.. hayu berbagi…  

  
Meriza Hendri, 
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen, Unpad, Dosen Universitas Widyatama, founder STRABIZ Management Consulting dan GIMB Foundation

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: