Ketika seorang entrepreneur adalah menjalankan peran seorang leader, maka hal yang perlu dipahami adalah bagaimana entrepreneur itu harus sensitive terhadap apa yang ada dalam lingkungan internal dan juga eksternal mereka. Sensifitas yang erat hubungannya dengan bagaimana setiap entrepreneur bisa melihat apa yang mereka rasakan, lihat, dengar, cium dan juga cicipi.

Kok bicara sensifitas kang? Tanya seorang wirausaha yang berhubungan dengan bagaimana sejatinya entrepreneur menanggapi apa yang dirasakan oleh anggota atau team member. Sensifitas yang dimaksud disini adalah bagaimana setiap entrepreneur mampu melihat dan merasakan apa yang dirasakan oleh anggota dan membuat sebuah keputusan yang bisa memyelesaikan masalah mereka.



Respon yang cepat dan berhubungan dengan apa yang dirasakan mejadi kunci sukses setiap orang menjadi leader karena akan menentukan sejauh mana mereka bisa menjadi seorang leader yang sukses dalam memimpin. Hal ini relevan dengan apa yang dibahas oleh banyak teori kepemimpinan dalam ilmu manajemen. Penting untuk dipahami oleh setiap entrepreneur.

Sensitifitas ini harus terus diasah oleh para entrepeneur dalam menjalankan peran seorang leader. Sensitifitas ini adalah sebuah skill  yang harus dimiliki oleh entrepreneur dan kalau dilihat tingkatan skill, entrepreneur harus menjadi seorang yang master dalam hal sensitifitas. Mastery itu penting dan tingkatan yang paling tinggi bagi entrepreneur.

Oleh karena itu, sudah saatnya entrepreneur mulai fokus dalam mengembangkan sensifititas mereka dalam memimpin perusahaan. hal ini mulai dari apayang dilihat. Lihatlah selalu apa yang terjadi dalam lingkungan, baik internal maupun eksternal. demikian juga dengarkanlah apa yang terjadi dalam lingkungan internal dan eksternal sehingga sampai dipahami dengan baik oleh para entrepreneur.

Demikian juga dengan yang berhubungan dengan apa yang dirasakan, dicicip, dicium. Mulailah semua dengan berlatih, berlatih dan berlatih setiap saat dan dimulai terus dari apa yang dialami setiap saat dimana setiap permasalahan dicari solusi yang baik dan paling tepat untuk membangun sensitifitas tersebut. Ketika entrepreneur sudah bisa memiliki sensifitas yang tinggi, akan bisa membuat leadership semakin kuat.

Mulailah dari sekarang untuk memberikan latihan… latihan dan latihan di dalam setiap saat. Sudah waktunya entrepreneur untuk fokus pada peningkatan sensitifitas yang dimulai dari apa  yang dilihat, didengar, dirasakan, dicicipin dan juga dimakan. Fokuslah kesana dan buat rencana untuk action plan dalam bentuk latihan-latihan yang terstruktur… so, mari kita menjadi master dalam sensifitas untuk menjadi leader yang efektif….


Tulisan ada di www.nubizontv.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: