Hari ini, saya berkesempatan untuk mengantarkan anak untuk mengikuti latihan Taekwondo di Balaikota Bandung, tepatnya di kantor Kang Emil… sebagai Walikota Bandung. Memang hari minggu saya jadikan hari yang khusus untuk keluarga dan bersama anak untuk latihan taekwondo memberikan value tersendiri yang tidak kalah pentingnya bagi diri sendiri, khususnya sebagai seorang ayah.
 
Ditengah kehadiran bersama keluarga tadi pagi, ada satu pelajaran yang luar biasa yang ingin saya share kepada teman-teman entrepreneur dalam berbisnis. Anak saya diberikan latihan yang tidak ringan dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian kenaikan tingkat dalam taekwondo serta untuk mempersiapkan pertandingan antar atlit di Kota Bandung.
 
Rasanya, pelajaran yang sangat berharga adalah ketika gurunya yang mendidik anak saya untuk fokus mempersiapkan diri agar bisa sukses dalam ujian kenaikan tingkat dan juga lomba tersebut. Gemblengan dari gurunya sangat baik meskipun seringkali orang tua melihat itu sangat keterlaluan untuk anak seusia dia yang masih kecil.
 
Satu kalimat yang diucapkan gurunya adalah tidak ada kata mundur untuk ujiankenaikan kelas dan lomba. Hal ini membuat anak saya sangat kaget dan terpaksa mengikuti latihan setiap selasa, kamis, sabtu dan jumat. Intinya, setiap anak yang sudah mendaftar tidak boleh mundur dari apa yang sudah direncanakan, kalau tidak, dianggap sebagai pecundang.
 
Kondisi ini memberikan sebuah inspirasi kepada saya dan membuat saya teringat dengan sebuah konsep "burn your ship" ketika pasukan harus melawan pasukan musuh di sebuah daratan…., bakar kapal anda dimana setiap orang yang membawa sebuah kapal dan turun ke darat dari laut, kemudian, kapal mereka dibakar memberikan inspirasi bagaimana mereka tidak punya pilihan untuk menang melawan musuh atau mati.
 
Tentu kedua pelatihan ini menjadi sangat stratejik karena kedua pilihan tersebut berat dan agar bisa tetap bisa hidup, maka mereka harus memenangkan persaingan. Demikian pula yang harus dihadapi oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis dimana mereka harus benar-benar mencapai keunggulan dalam bisnis kalau ingin tetap "hidup' dalam lingkungan bisnis itu sendiri.
 
Rasanya, konsep ini sangat relevan bagi para entrepreneur untuk menjadi juara dalam bisnis. Burn your ship dimana tidak ada lagi kata mundur untuk tidak menjadi seorang entrepreneur dalam berbisnis karena itulah satu-satunya pilihan untuk menggapai sukses dalam hidup ini, khususnya dalam bisnis itu sendiri.
 
Oleh karena itu, marilah bakar kapal kita untuk menggapai kesuksesan dalam bisnis agar bisa mencapai kesuksesan secara keseluruhan…. SALAM JUARA… 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: