Setiap entrepreneur dituntut untuk memiliki sebuah intuisi yang kuat dalam membuat setiap keputusan bisnis yang relevan dengan bagaimana keputusan itu bisa berkontribusi kepada pencapaian tujuan bisnis yaitu TP = TR – TC dimana total profit dihasilkan dari total revenue yang dikurangi dengan total cost yang melekat pada setiap bisnis para entrepreneur.

Tidak bisa dipungkiri bahwa keputusan itu adalah dasar bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena akan berhubungan dengan bagaimana dampak dari setiap keputusan pada bisnis setiap entrepreneur. hal ini nyata dan tidak bisa dipungkiri sebuah fakta dan menjadi tanggung jawab entrepreneur dalam membuat keputusan. Disinilah kesadaran harus dibangun oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis.


Keputusan itu harus benar-benar memperhatikan aspek TP = TR – TC selain bagaimana membuat bisnis itu bermanfaat bagi orang lain, alam dalam jangka panjang dan juga bisa tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal ini harus menjadi perhatikan entrepreneur dalam beribnsis.

Oleh karena itu, entrepreneur dituntut untuk bisa membuat keputusan yang bisa memiliki intuisi yang kuat sehingga bisa dibuat keputusan yang cepat dan berkontribusi pada pencapaian tujuan bisnis itu sendiri. Intuisi ini bisa dicapai dengan membandingkan kecepatan dan pemahaman yang dalam terhadap setiap keputusan yang dilihat dari output, outcome dan juga impact dari setiap keputusan dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Latihan membuat keputusan adalah salah satu hal yang bisa dilakukan oleh para entrepreneur dalam membuat keputusan. Latihan dengan membuat keputusan yang relevan dengan bisnis dan pastinya dapat dihubungkan dengan kondisi nyata atau konteks yang melingkupi sebuah masalah yang dihadapi oleh para entrepreneur.

Konteks ini akan menggiring entrepreneur untuk memahami konteks dimana terjadi masalah dan akar masalah itu sendiri. Tentu hal ini akan membuat keputusan itu berhasil dan bermanfaat atau tidak. Kalau tidak, pastinya akan tidak berguna dan bahkan bisa memberikan dampak menimbulkan masalah baru yang bisa jadi akibatnya lebih besar.

Inilah yang harus dilakukan oleh entrepreneur, latihan, latihan dan latihan dalam membuat keputusan dengan dasar kaizen atau perbaikan terus menerus. Dalam hal ini,setiap keputusan itu harus dianalisis ouput, outcome, impact nya sehingga dapat dilihat capaiannya apakah positif atau negative. Ini harus dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan terus menerus dan dilakukan latihan yang berulang-ulang…




Share To:

meriza hendri

Post A Comment: