"Always one step ahead….."  demikian lah salah satu kalimat yang say abaca dalam sebuah dinding dan membuat saya teringat dengan konsep leadership yang selalu menjadi bahasan saya dalam berbagai hal dan relevan dengan bagaimana sejatinya seorang entrepreneur untuk mencapai tujuan mereka yaitu sukses dalam bisnis.

Kesuksesan dalam bisnis membuat setiap entrepreneur dituntut untuk mampu menggapai apa yang mereka inginkan dan betapa pentingnya seorang entrepreneur untuk benar-benar menjadi entrepreneur sukses dengan leadership yang kuat. Leadership ini memegang peranan penting untuk membangun diri dan team member. Tidak bisa disia-siakan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis untuk leadership ini.

Kalimat pendek, always one step ahead ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur sebagai seorang leader untuk benar-benar menjadi orang yang selalu didepan untuk mencapai kesuksesan mereka dalam konteks bagaimana pengaruh mereka sebagai sebuah hal yang mendasar dalam diri setiap entrepreneur dalam menjalankan peran sebagai seorang leader. Itu yang paling penting untuk dipahami.

Leadership itu berhubungan dengan bagaimana kemampuan setiap entrepreneur dalam mempengaruhi orang lain. The ability to influence others menjadi kunci untuk menggerakkan orang dalam hal bagaimana leadership mereka ada di tengah team member tersebut. Kemampuanuntuk mempengaruhi tersebut menjadi penting untuk dikuasai setiap saat dan bahkan selamanya agar bisa membuat leadership itu tetap ada.

Sehubungan dengan tetap satu langkah di depan, setiap entrepreneur kudu pintar dan selalu belajar untuk mencapai tujuan dan juga membuat pengaruh mereka ada. Disinilah tuntutan setiap entrepreneur untuk terus belajar atau dalam bahasa sederhana, mereka harus menjadi seorang pembelajar untuk diri sendiri dan khususnya untuk bisnis mereka masing-masing.

Apa saja yang harus dipelajari? Saya menggambarkan sebagai sebuah model sederhana  yaitu belajar tentang entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen, baik hard skill maupun soft skill. Hard skill berhubungan dengan manajemen stratejik, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia dalam setiap bisnis. Adapun soft skill, berhubungan dengan leadership skill, decision making and problem solving, communication, yang menjadi dasar bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis.

Disinilah pentingnya setiap entrepreneur menjadi seorang pembelajar dan membuat mereka satu langkah di depan agar tidak akan pernah bisa dikalahkan oleh follower mereka dalam konteks pengetahua dan skill serta sikap yang bernar dalam berbisnis…..

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: