Dalam menjalankan sebuah bisnis, seorang entrepreneur dituntut untuk bisa membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar yang tentu diharapkan akan bisa memberikan value yang semakin besar kepada diri sendiri, keluarga dan juga masyarakat yang berkepentingan kepada bisnis tersebut.

Oleh karena itu, tentu dibuatkan sebuah penyederhanaan terhadap bisnis yang mereka jalankan. Penyederhanaan agar bisa bisnis tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien. Buatlah model bisnis untuk menyederhanakan bisnis tersebut. Beberapa tips nya adalah
  1. Tetapkan dulu tujuan bisnis yang akan dijalankan
Hal ini menjadi dasar untuk setiap entrepreneur untuk membuat business modeling dimana tujuan yang hendak dicapai itu adalah dasar untuk membuat sebuah model. Tentu, tujuannya untuk membuat bisnis para entrepreneur untuk bisa profit, people, planet, sustainable dan juga tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
  1. Pahami bisnis yang dijalankan dengan baik
Hal ini penting karena akan menjadi dasar untuk model bisnis itu sendiri. Pahami bisnis apakah dibidang manufaktur, jasa ataupun perdagangan. Business process dari supplier, input, process, output dan consumer.
  1. Pahami proses manajemen stratejik
Sebelum membuat sebuah model bisnis, disarankan untuk mulai memahami bahwa bisnis itu adalah sebuah proses manajemen stratejik dan model  yang biasa digunakan adalah environmental scanning, strategic formulation, strategic implementation serta strategic evaluation and control.
  1. Gunakan model bisnis seperti Model bisnis canvass
Tips yang selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur membuat model bisnis canvass dimana digambarkan stakeholders, revenue streams dan lain-lain.
  1. Gabungkan dengan balanced scorecard
Setelah itu, barulah dibuat sebuah balanced scorecard dimana adanya keseimbangan antara keuangan, pemasaran, proses bisnis dan learning and growth untuk mencapai visi yang hendak dicapai.
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: